Pengaruh pelaksanaan program gerakan literasi sekolah dan minat baca terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] T. Hartati, “Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat),” Edutech, 15(3), pp. 301–310, 2016.
[2] R. Nuryanti, “Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun,” J. Ilm. Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), pp. 105–119, 2019, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista.
[3] Kemendikbud, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
[4] Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, 1st ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
[5] S. E. M. Ariani, Sukarno, and Chumdari, “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Bumi 1 Kota Surakarta,” Didakt. Dwija Indria, 8(4), pp. 1–6, 2020.
[6] S. Rojas-drummond et al., “Dialogic literacy : Talking , reading and writing among primary school children,” Learn. Cult. Soc. Interact., (12) 45–62, 2017, doi: 10.1016/j.lcsi.2016.09.005.
[7] H. N. E. Safitri, S. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca dan penguasaan diksi peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, 9(5), pp. 1–6, 2021.
[8] Y. S. G. Kim, D. Yang, M. Reyes, and C. Connor, “Writing instruction improves students’ writing skills differentially depending on focal instruction and children: A meta-analysis for primary grade students,” Educ. Res. Rev., (34) 1-16, 2021, doi: 10.1016/j.edurev.2021.100408.
[9] S. M. Purap and A. Purwono, “Pengaruh Program Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV A MI Darussalam Pacet Mojokerto,” J. Pendidik. dan Perkemb. Anak, 3(2), pp. 71–82, 2021.
[10] D. N. G. Sandyagraha, W. Numertayasa, and P. O. Suardana, “Analisis Keterampilan Menulis Narasi Berorientasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Siswa Kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Bangli,” J. Elem., 4(1), pp.36–41, 2021, doi: https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3814.
[11] A. D. Puspitaningrum and S. Nuryanto, “Pengaruh Literasi dan Kaidah Ejaan Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V,” Joyf. Learn. J., 8(4), pp. 213–217, 2019.
[12] L. Solihin, I. Pratiwi, I. Hijriani, and U. Sudrajat, Mengukur Capaian Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS): Merumuskan Instrumen Evaluasi Untuk Memajukan Literasi, 1st ed. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
[13] A. P. Nugraha, Z. M. MS, and T. Bintoro, “Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi,” Indones. J. Prim. Educ. Hub., 2(1), pp. 19–29, 2018.
[14] L. Nopilda and M. Kristiawan, “Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad ke-21,” J. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., 3(2), pp. 216–231, 2018.
[15] Y. E. N. Saffana, S. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Studi Korelasional antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Tata Bahasa dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas V Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, 9(1), pp. 1–6, 2021.
[16] E. S. Almana, Santa, and W. S. Anwar, “Pengaruh Kegemaran Membaca terhadap Keterampilan Menulis Narasi,” Dwija Cendekia J. Ris. Pedagog., 3(1), p. 80, 2019, doi: 10.20961/jdc.v3i1.33920.
[17] D. Novrizta, “Hubungan antara Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, 1(1), pp. 104–124, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.