Analisis keterampilan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
1.
[1] A Krissandi, Widharyanto, and R P Dewi 2018 Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Penerbit Media Maxia.
[2] M Ali 2021 Peningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada SDN 93 Palembang J. Pernik PAUD 4(1) 43–51.
[3] Suttrisno and H Puspitasari 2021 Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal J. Penelitian. Pend. dan Pemb. 8(2) 83–91.
[4] S Y Slamet 2019 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar (Edisi II C). Surakarta: UNS Press.
[5] A Meo, M P Wau, and Y U Lawe 2021 Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada J. Citra Pend. 1.
[6] Sugiyono 2016 Memahami Penelitian Kualitatif. CV. ALFABETA.
[7] R Iskandar, Zulela M S, and Fahrurozi 2021 Menstimulasi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar J. Mimbar PGSD Undiksha. 9(2), 330–336.
[8] A Rofi’uddin and D Zuhdi 2002 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi (Cetakan II). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
[9] N A Risyam, Sukarno and Chumdari 2020 Model pembelajaran inductive untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar J. Didakt. Dwija Indria. 9(6)
[10] M Rahma and F Dafit 2021 Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar J. Berajah 2(1) 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
[11] D Suleman, Y R Hanafi, and A Rahmat 2021 Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo Aksara: J. Ilmu. Pend. Nonfor. 07 713–726. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
[12] S W Anggraeni and Y Alpian 2019 Penerapan metode Teams Games Tournament ( TGT ) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar Premiere Educandum: J. Pend. Dasar dan Pemb. 9(September) 181–193. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086
[13] K Wachidah and Mahardika 2018 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah. UMSIDA PRESS.
[14] H K Widyaningrum and C Hasanudin 2019 Menulis Permulaan ( MMP ) di Sekolah Dasar [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing ( MMP ) in Primary School] Pedagogi: J. Pen. Pendi. 8(2) 189–200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
[15] M Intansari, B Yulianto, and T Indarti 2021 Perkembangan Grafis Tulisan Tangan Tegak Bersambung Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar J. Edu. and Dev. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9(1) 352–356.
[16] Nelnialis 2021 Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I UPT SD Negeri 20 Baringin Ensiklopedia of Journal 3(3) 24–37.
[17] R Musdalifah 2019 Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory Al-Ishlah: J. Pendi. Islam 17(2).
[18] W D Andika, F Utami, S Sumarni, and B Harini 2022 Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis J. Obsesi : J. P A U D 6(4) 2519–2532. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1973
[19] A Estiningtyas, S Y Slamet, and T Budiarto 2021 Studi hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis hasil wawancara peserta didik kelas IV SD J. Didak. Dwija Indria. 9(6)
[20] I M Rokhimah, L B Mirnawati, and F Setiawan 2021 Analisis Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 Pada Model Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 4 Surabaya Equilibrium : J. Pend. Vol. IX.(Issu 2).
[21] R W Ramadhani, R Rahayu, and M S Kuryanto 2021 Dampak Nomophobia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar J. Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 8(2) 97–106.
[22] C P Pratiwi 2020 Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah. JPE:Jurnal Pendidikan Edutama 7(1) 1–8.
[23] A Hasanah and M S Lena 2021 Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Sekolah Dasar Edukatif : J. Ilmu. Pendi. Vol 3 No 5 https://doi.org/https://doi.org/10.31004/educatif.v3i5.526
[24] S C Kuswanavati and W Sukartiningsih 2022 Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Masa Pandemi Covid 19 JPGSD 10 245–257.
[25] M D Anggraeni, S Marmoah, and Sularmi 2021 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar J. Didak. Dwija Indria. 9(6) 449.Refbacks
- There are currently no refbacks.