Analisis nilai karakter pada tembang dolanan anak dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas V Sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [2] Chairiyah. 2014. Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Literasi. Vol 4 (1), 42- 51 [3] Gunarto. 2004. Konsep Kurikulum di Indonesia. Rosda Karya: Bandung [4] Imam Haromain Dkk. 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs, (Jawa Timur: Mapemda Kantor Wilayah). Hal. 43. [5] Intanpari,, A. Efendi. 2009. Mengurai Bahasa Menyibak Budaya. Malang: Penerbit UM [7] Khomah, I., Istiyati, S & Daryanto, J. (2018). Penggunaan media Pop Up Book untuk keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indra, 6(7). [8] Lickona, T. 2015. Educating for Character. Terjemahan Lita S. Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media [9] Ni’mah, I. W., Poerwanti, J.I., & Winarni, R. (2017). Peningkatan keterampilan menulis argumentasi melalui model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) pada siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(8). [10] Nurgiyantoro, Burhan, 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Perss. [11] Permata, Sari B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tembang Macapat. Jurnal Didaktika Dwija Indria 3(7). [12] Pusat Kurikulum. 2010. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemdiknas. [13] Samani, M dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya [14] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [15] Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [16] Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [17] Widodo. 2010. Lelagon Dolanan Anak dan Pendidikan Berkarakter. Harmonia, Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. 10(2): 170-183. Semarang: Universitas Negeri Semarang [18] Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 1997. Pen¬didikan Bahasa Kelas Rendah. Jakarta: Dikti
Refbacks
- There are currently no refbacks.