Analisis kemandirian belajar siswa dalam sistem pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 di sekolah dasar
Abstract
Distance learning is a learning method used during the Covid-19 pandemic. In the learning process, teachers and students learn separately. The purpose of this study was to analyze student learning independence in the distance learning system during the Covid-19 pandemic. In this research, the research methodology uses descriptive qualitative, the subjects to be studied were the teachers and students of class VB SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta for the 2020/2021 school year with a total of 26 students.. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires (questionnaires). The data validation used source and technique triangulation. Data analysis using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions.From the research results, learning independence includes 5 indicators, namely self-confidence, discipline, responsibility, initiative in learning, and not depending on others. The highest indicators of independence are responsibility, then confidence, discipline, initiative in learning and the last one is not dependent on others. Distance learning that is carried out should be able to develop learning independence and be able to overcome obstacles amid existing limitations.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F Hidayat, P Akbar, and M Bernard 2018Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa SMP terhadap materi SPLDV J. Educ. 01(02) p 516 [2] M. Al Fatihah 2016 Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta At-Tarbawi J. Kaji. Kependidikan Islam 1(2) p 197 [3] R. Muniyappa and S Gubbi, 2020 Covid-19 pandemic, coronaviruses, and diabetes mellitus Am. J. Physiol. - Endocrinol. Metab 318(5) pp E736–E74 [4] Presiden Republik Indonesia 2020 Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019/Covid-19 2019(022868) p 8 [5] B Warsita 2011 Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran J. Teknodik 15(1) pp 84–96 [6] T Muttaqin 2018 Determinants of Unequal Access to and Quality of Education in Indonesia J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan. 2(1) [7] F. P. A. I. R. W. A. R. A. Hasan Mahfud 2019 Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Guru SD Di Kota Surakarta J. Pendidik. Dasar 7(2) [8] W Widayati 2020 Meningkatkan kompetensi pedagogik dalam pemanfaatan media dan sumber belajar melalui supervisi klinis pada guru SDN 1 Gempolrejo di semester I tahun pelajaran 2019 / 2020 J. Pendidik. Dasar 8(1) [9] I. R. W. D. Y. S. Roy Ardiansyah 2020 Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam melaksanakan Pembelajaran Digital melalui Workshop Terintegrasi J. Pendidik. Dasar 8(2) [10] H Salima 2019 Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 SDI Al-Azhar 17 Bintaro [11] F Tresnaningsih, D P D Santi, and E. Suminarsih 2019 Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik Pedagog. J. Penelit. Pendidik.6(2) pp 51– 59 [12] K Hidayati and E Listyani 2013 Improving Instruments Of Students’ Self-Regulated Learning Kana Hidayati and Endang Listyani FMIPA UNY Mathematics Education Department J. Pendidik. Mat. Univertias Negeri Yogyakarta [13] Kemdikbud 2020 Panduan KBM tahun akademik 20201/2021 Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akad. Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Dis [14] Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar KEMDIKBUD 2016 Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar p 12 [15] W Setiawan and O Saryono 2017 Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai : Studi Pada Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Garut J. Manag. Rev. 1(1) p 41 [16] P Mitayeni 2019 Tingkat Karakter Tanggung Jawab Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VIII SMP Santo Aloysius Turi Tahun Ajaran 2018/2019 dan Implikasinya pada J. Chem. Inf. Model. 53(9) pp 1689–1699 [17] J Wahana and P Fisika 2013 Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis 1(1) pp 26–36 [18] F Kurniati 2012 Hubungan antara stres dengan burnout pada mahasiswaFakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Refbacks
- There are currently no refbacks.