Analisis nilai karakter cerita nonfiksi dalam buku siswa kelas iv tema 7 “indahnya keragaman di negeriku”

Puji Prissetya Utami, Retno Winarni, Anesa Surya

Abstract

Abstract. This research is a research with a qualitative descriptive approach. This research was conducted through several stages, namely reduction, classification, presentation, and drawing conclusions. This study aims to describe the character values of non-fiction stories contained in the fourth grade student book with the theme "The Beauty of Diversity in My Country" in the 2013 curriculum. These character values consist of religious values, nationalism values, independent values, mutual cooperation values, and integrity values. The research data source is the fourth grade student book theme 7 "The Beauty of Diversity in My Country" curriculum 2013. The results show the values of religious character, nationalism values, independent values, mutual cooperation, and integrity values can be instilled in students through non-fiction literary works.

Keywords

character values, elementary student books, curriculum 2013

Full Text:

PDF

References

J. I. S. Poerwanti 2013 Hubungan antara bimbingan belajar orang tua dan penerapan kurikulum 2013 dengan sikap siswa kelas iv sekolah dasar Didakt. Dwija Indria, pp. 1–6,

R. P. Winahyu, S. Marmoah, and Sularmi 2020 Penerapan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di sd. Didakt. Dwija Indria, 8 (3) pp. 1–5.

M. H. Ridwan and A. Mudiono 2017 Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan Wahana Sekol. Dasar, 25(1) pp. 1–7.

C. H. Fitria Elsa Riska 2016 Peningkatan Nilai Karakter Bangsa Pada Pembelajaran Ips Tentang Perjuangan Kemerdekaan Melalui Media Audio Visual Didakt. Dwija Indria, 4 (12) pp. 1–6.

S. Qomariyah, R. Bagaskorowati, and Sarkadi 2017 Karakter peserta didik melalui modifikasi perilaku pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar J. Pendidik. Dasar, 8 (2) pp. 1–12.

S. I. Anggraeni 2019 Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Melalui Metode Team Game Tournament Pada Kelas V Min 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 87(1,2) .

R. ; I. Kurniawati 2018 Analisis Nilai Karakter Dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar J. Master Bhs. 6(2) pp. 103–114.

A. Siyoto, Sandu ; Sodik 2019 Dasar Metodologi Penelitian 53(9)

S. A. Dasuki 2017 Pembelajaran Menyusun Ikhtisar Dari Dua Teks Nonfiksi Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018.

B. Nurgiyantoro 2010 Sastra Anak: Persoalan Genre Humaniora, 16(2), pp. 107–122.

A. Wicaksono 2014 Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Mendiknas 2010 Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

D. S. Sayska 2017 Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Berbasissunnah Rasulullah (Studi Kasussditan-Najah Takengon, Aceh Tengah),” J. Manaj. Pendidik. dan Keislam., 6, pp. 1–13.

Y. dan A. A. Dwi Ariyan 2017 Analisis Muatan Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Teks KTSP Pkn Kelas 3 SD Elem. Sch., 4 171–181.

I. K. Suwandi and I. P. Sari 2017 Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas 1 SD,” Elem. Sch., 4 (2), p. 152.

N. Hidayah 2015 Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, 2 (2) pp. 190–204.

S. Makhmudah 2018 Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri Prisma, 1 pp. 318–325.

H. Amiliadana 2018 Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Jember: Skripsi Universitas Negeri Jember.

F. E. Kusmilawati, H. Hadi, and F. Agustini 2019 Analisis Nilai Karakter Siswa Kelas IV pada Prose Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca,” Indones. Values Character Educ. J., 2 (1), p. 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.