Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web "quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

Munawar Sodiq, Hasan Mahfud, Fadhil Purnama Adi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang penggunaan aplikasi web Quizizz sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas V yang berjumlah tiga orang dan sebagian siswa kelas V SDN Sondakan Surakarta yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Analisis hasil angket menggunakan rumus persentase dan data wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Dari hasil angket diketahui bahwa persepsi siswa cenderung positif terhadap penggunaan aplikasi web “Quizizz” sebagai media pembelajaran.

Keywords

Perception of Teachers and Students, Quizizz, Learning Media

Full Text:

PDF

References

W. A. F. Dewi 2020 Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif J. Ilmu Pendidik 2(1) 55–61

A. Anugrahana 2020 Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar Sch. J. Pendidik. dan Kebud 10(3) 282–289

N. Jalinus and Ambiyar 2016 Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta: KENCANA)

C. H. Muhammad Nur Arifin 2018 Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Dengan Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 6(5) 29–34

C. Kustandi and D. Darmawan 2020 Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat (Jakarta:Prenada Media)

A. A. P. Kinasih 2021 Penggunaan media dalam pembelajaran Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku ditinjau dari gaya belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 9(1) 2–7

F. Setiana, T. S. Rahayu, and , W. 2019 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd J. Karya Pendidik. Mat 6(1) p. 8

R. Ramadhani et al. 2020 Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik (Medan:Yayasan Kita Menulis)

F. Zhao 2019 Using Quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom Int. J. High. Educ. 8(1) 37–43

R. P. Wibawa, R. I. Astuti, and B. A. Pangestu 2019 Smartphone-Based Application ‘Quizizz’ as a Learning Media Din. Pendidik 14(2) pp. 244–253

S. P. Herri Zan Pieter 2018 Pengantar Psikologi untuk Kebidanan (Jakarta:Kencana)

B. Walgito 2010 Pengantar Psikologi Umum (Yogyakarta: Andi Offset)

I. W. Suwendra and I. B. A. L. Manuaba 2018 Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan (Badung:Nilacakra)

J.R Raco 2010 Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Grasindo)

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

A. Arsyad 2017 Media Pembelajaran (Depok: PT RajaGrafindo Persada)

Asrori 2020 PSIKOLOGI PENDIDIKAN PENDEKATAN MULTIDISIPLINER (Banyumas: CV Pena Persada)

Y. I. Aini 2019 Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu J. Kependidikan 2(25) pp. 1–6

I. R. K.-K. S and Rohani 2018 MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN AXIOM VII(1) pp. 91–96

D. Safitri and Z. E. F. F. Putra 2019 Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz Pros. Pengabdi 1(1) pp. 1–6

Y. Chaiyo and R. Nokham 2017 The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system 2nd Jt. Int. Conf. Digit. Arts, Media Technol 2017 Digit. Econ. Sustain. Growth, ICDAMT 2017 pp. 178–182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.