Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran ips kelas iv sd

Pertiwi Dyah Musthikaning Tyas, Sri Marmoah, Hadiyah Hadiyah

Abstract

This study aims to describe the teacher skills conducting variations in social studies learning. This research are descriptive qualitative. This research was conducted at SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58. The subject of this research is 4th grade teacher. Data collection techniques used observation, interview, questionnaires and documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of research showed that the 4th grade teacher had implemented a variety of social studies learning well, but the variations in the use of learning media were still less visible. The variations made by the teacher were variations in teaching styles, variations in the use of learning media, and variations in student interactions and activities. The conclusion of research is the  teacher skills conducting variations in social studies learning are good.

Keywords

teacher skills; learning variation; social studies; elementary school

Full Text:

PDF

References

N Mansur 2016 Penerapan Keterampilan Mengajar dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa Lantanida J. 4(2) 118-127

Z Asril 2010 Micro Teaching (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada)

Z Asril 2013 Micro Teaching disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan (Depok: PT Raja Grafindo Persada)

S B Djamarah Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Pedoman Bagi Mahasiswa PPL, Guru Alumni PLPG, PKG, dan PPG dalam Upaya Mengoptimalkan Aktivitas Anak Didik (Jakarta: Rineka Cipta)

E Surahman & Mukminan 2017 Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP J. Pendidik. IPS 4(1) 1–13

A T Debrina and S Istiyati 2020 Peningkatan keterampilan berpikir elaboration melalui penerapan model think pair share ( tps ) dalam pembelajaran ips kelas V sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 8(1) 1–6

S Handayani, J I S Poerwanti and S Wahyuningsih 2020 Peningkatan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS melalui model teams games tournament ( TGT ) peserta didik kelas IV sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 8(04) 1-6

M K Karima and Ramadhani 2018 Permasalahan Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya Ittihad 2(1) 43–53

S Anggarwati, J I S Poerwanti and S Wahyuningsih 2020 Penerapan model pembelajaran assurance , relevance , interest , assessment , and satisfaction ( ARIAS ) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IV sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 8(04) 1-6

M I Ismail 2010 Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur 13(1) 44–63

E Solihatin 2013 Strategi Pembelajaran PPKn (Jakarta: Bumi Aksara)

M R D Wahyulestari 2018 Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar Pros. Semin. Nas. Penelitian, Pendidik. dan Penerapan MIPA 199-210

M Ambarawati 2016 Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika pada MataKuliah Micro Teaching Pedagog. J. Pendidik 5(1) 81-90

N Santi 2015 Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SDN Purwantoro 2 Malang Skripsi

L Viviani 2019 Hubungan Variasi Gaya Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Ra Skripsi 1-142

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

N Sudjana and A Rivai 2015 Media Pengajaran (Bandung: Alfabeta)

D A Lestari, Siswandari and C D Sulistyaningrum Indrawati The Development of Digital Storytelling Website Based Media for Economic Learning in Senior High School International Journal of Active Learning 4(1) 10–17

F Masitoh 2020 Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V Kurikulum 2013 di SDIT An-Nisa’ Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi 1-208

I Rakhmawati 2016 Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Guru Mengadakan Variasi pada Pembelajaran IPS Kelas V Skripsi 1-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.