Analisis pengelolaan kelas selama pembelajaran daring pada guru kelas di sekolah dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengelolaan kelas selama pembelajaran dari pada guru kelas di SD Negeri Karangasem No. 3 Surakarta serta mendeskripsikan hambatan yang dialami guru kelas dan upaya dalam mengatasinya. Saat ini, pembelajaran dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Hal tersebut menjadi tantangan dan juga masalah tersendiri bagi guru kelas dalam mengatur dan mengelola kelas agar pembelajaran secara daring dapat berjalan dengan efektif.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografi dengan subjek penelitian terdiri dari enam guru kelas. Subjek penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Objek penelitian ini berupa pengelolaan kelas pada guru kelas, hambatan yang dialami guru kelas, serta upaya mengatasi hambatan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode dengan pengecekan derajat kepercayaan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan kelas selama pembelajaran daring pada guru kelas hampir semuanya belum terlaksana dengan maksimal, namun guru kelas IV dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan efisien. Hal tersebut disebabkan oleh guru kelas hampir semuanya belum melaksanakan pembelajaran secara variatif, tidak ada pemberian materi, penugasan cenderung luring, dll. Selain itu adanya penguasaan teknologi yang kurang pada guru kelas maupun wali murid, terbatasnya sarana belajar peserta didik, dll. juga menjadi pengaruh sekaligus hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sehingga kebanyakan guru kelas hanya dapat menyederhanakan pembelajaran sesuai kondisi peserta didik maupun guru kelas.
The purpose of this study was to identify and describe the classroom management during online learning at SD Negeri Karangasem No. 3 Surakarta, also to describe the obstacles the teachers have experienced and the efforts to overcome them. Learning, is currently being held online due to the COVID-19 pandemic. This is a challenge and also a problem for the teachers in organizing and managing the classes so that online learning can run effectively.
This study used a qualitative ethnographic method with the research subjects consisting of six teachers. The research subjects were taken with purposive sampling. The object of this research was in the form of classroom management for classroom teachers, obstacles experienced by teachers and their efforts to overcome these obstacles. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data validity test was using the triangulation method by checking the amount of confidence using several data collection techniques. Data analysis techniques was done with stages of reduction, data exposure, and drawing conclusions and verification.
The results showed that almost all the classroom management during online learning in class teachers had not been implemented optimally, but grade 4th teachers could carry out learning optimally and efficiently. This is due to the fact that almost all the class teachers have not carried out varied learning, no material is provided, assignments tend to be offline, etc. In addition, there is a lack of mastery of technology in class teachers and student guardians, limited learning facilities for students, etc. is also an influence as well as an obstacle in the implementation of online learning. So that most classroom teachers can only simplify learning according to the conditions of students and class teachers.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. G. Christiawan 2003 Implementasi Konsep Kepemimpinan dalam Manajemen Pembelajaran Praktik di LKP Solafide Semarang J. Pendidikan Ilmiah 6(4) 196–201 [2] A. Diani, Soewarno, and Mislinawati 2017 Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Kelas V Sd Negeri 50 Banda Aceh J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 2(1) 133–141 [3] M. M. Pembelajaran, K. K. Sekolah, Y. Asa, W. Purbonuswanto, and M. Darmowiyono 2018 Motivasi Mengajar SMP di Kecamatan Lamaknen J. Pendidikan Ilmiah 6(2) 47-51 [4] B. Purnomo 2017 Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar J. Gentala Pendidik. Dasar 2(2) 237–255 [5] I. Gunawan 2019 Manajemen Kelas: Teori dan Praktik Depok: Rajawali Pers [6] E. Gultom and S. Saun 2016 The role of classroom management in creating an effective english learning J. English Lang. Teach. 5(1) 18–24 [7] I. Gunawan 2011 Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek Depok: Rajawali Pers [8] B. Purnomo and F. Aulia 2018 Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar J. Gentala Pendidik. Dasar 3(1) 73–91 [9] J. Empati, H. L. Putri, and A. Listiara Hubungan Antara Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Sma Kelas Xi J. Empati 6(1) 221–225 [10] Zaharah, G. I. Kirilova, and A. Windarti 2020 Dampak wabah virus corona terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia J. Sos. dan Budaya Syar’i 7(3) 269–282 [11] A. Sadikin and A. Hamidah 2020 Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 J. Biodik 6(2) 109–119 [12] H. Widodo 2020 Manajemen Pembelajaran Daring Radar Jogja: https://radarjogja.jawapos.com/opini/2020/04/15/manajemen-pembelajaran-daring/ [13] F. Setiana, T. S. Rahayu, and E. W. Setyaningtyas 2019 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas IV SD J. Pendidikan Dasar 6(1) 8 [14] R. Mukhsin, P. Mappigau, and A. N. Tenriawaru 2017 Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Di Kota Makassar J. Anal. 6(2) 188–193 [15] S. E. Zaluchu 2020 Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama J. Teol. Injili dan Pembin. Warga Jemaat 4(1) 28 [16] Mendikbud 2020 Surat Edaran Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19 [17] H. Purnomo and L. Sunanto 2020 Pengelolaan Kelas Belajar Di Era 4.0 J. Elem. Edukasia 3(1) [18] B. K. Sari 2015 Evaluasi penyelenggaraan E-Learning dalam pembelajaran di SMA Negri Aro Semarang Skripsi: Universitas Negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.