Analisis muatan nilai moral dalam dongeng pada buku siswa kelas II sd tema 7 “kebersamaan” kurikulum 2013

Dwi Puspitasari Cahyaningrum, Retno Winarni, Anesa Surya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng pada buku siswa kelas II SD tema 7 “Kebersamaan” kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Objek penelitiannya yaitu nilai moral yang terdapat dalam 10 dongeng pada buku siswa kelas II SD tema 7. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori tentang muatan nilai moral. Teknik analisis data dimulai dengan data yang sudah dikumpulkan, direduksi, dideskripsikan, diiterpretasikan, dianalisis, kemudian disimpulkan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud nilai moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari kejujuran, kerja keras, bertanggung jawab, pantang menyerah, rasa ingin tahu, bijaksana, sabar, cerdik, dan disiplin. Nilai moral yang paling banyak ditemukan yakni nilai moral rasa ingin tahu. Wujud nilai moral hubungan manusia dengan sesama terdiri dari saling menghargai, peduli sesama, sopan santun, cinta damai, kasih sayang, bersahabat, kerja sama, saling percaya, dan pemaaf. Nilai moral yang sering muncul yaitu bersahabat. Wujud nilai moral hubungan dengan alam sekitar yaitu mencintai lingkungan. Wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan yakni bersyukur. Berdasarkan keempat wujud nilai moral tersebut, guru dapat menjadikan dongeng sebagai alternatif untuk menanamkan nilai moral kepada peserta didik.

Keywords

moral values; fairy tales; student books; elementary school

Full Text:

PDF

References

D P Putri 2018 Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital J. Pendidik. Dasar 2(1) 37–50

F E Riska Chumdari & Hadiyah 2016 Peningkatan Nilai Karakter Bangsa pada Pembelajaran IPS tentang Perjuangan Kemerdekaan melalui Media Audio Visual J. Didakt. Dwija Indria 1–6

N Anggraini & N Janattaka 2020 Analisis Nilai-nilai Moral dalam Bacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Aku Bangga Bahasa Indonesia Kelas III SDN 3 Padangan Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung 2018/2019 J. Pendidik. Dasar Nusant 5(2) 187–201

R Winarni 2014 Kajian Sastra Anak (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Y M Raharjo H J Waluyo & K Saddhono 2017 Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar di SMA J. Pendidik. Indones 6(1) 16–26

Kamariah & M. Sari 2019 Nilai Moral pada Dongeng Nusantara Karya Na’an Ongky S. dan Fatiharifah J. Ilm. Kependidikan 14(1) 46–58

I S Wibowo M A Budiman & M F A Untari 2018 Analisis Buku Dongeng Si Kancil Karya Tira Ikranegara dalam Peningkatan Nilai Moral Int. J. Community Serv. Learn 2(3) 199–206

B Nurgiyantoro 2010Teori Pengkajian Fiksi (Yogyakarta: UGM Press)

R F Kusumadewi S Yustiana & K Nasihah 2020Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD J. Ris. Pendidik. Dasar 1(1) 7–13

V C Lutfa 2019 Nilai Moral dalam Dongeng Nusantara sebagai Materi Ajar Seolah Dasar Kelas 4 Tema Daerah Tempat Tinggalku J. Edukasi Univ. Jember 1(1) 1–45

M S Masyhud 2016 Metode Penelitian Pendidikan (Jember: LPMPK)

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: CV Alfabeta)

U Khasanah Chumdari & I R W Atmojo 2015 Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Nilai Karakter pada Pembelajaran IPS J. Didakt. Dwija Indria 1–8

M Yaumi 2014 Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi ( Jakarta: Predana Media Group)

T Lickona 2013 Mendidik Untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap dan Tanggung jawab (Jakarta: Bumi Aksara)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.