Analisis kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VD SD Djama’atul Ichwan Surakarta

Riska Putri Wahyu Lestari, Rukayah Rukayah, Siti Kamsiyati

Abstract

This study aims to describe the difficulties of students in the VD class of Djama'atul Ichwan Elementary School in the 2020/2021 academic year in reading comprehension. This study used a qualitative descriptive method where the data collection techniques used observation, interviews, and written tests to 6 respondents. Based on the results of data analysis and discussion, this study found difficulties in reading comprehension in students. Difficulty reading comprehension in students is shown through indicators of students' abilities in answering questions about reading content, finding main ideas, making reading conclusions, determining mandates, and the ability to retell the content of the reading. Data analysis in the discussion provides broad and in-depth information about the difficulties of different students regarding reading comprehension.

Keywords

students, reading comprehension, elementary school, and qualitative descriptive.

Full Text:

PDF

References

Sari, Nur Afni Dewi, dkk. 2020. Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) Terhadap Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vo. 4 No. 1

Khasanah, Aan, and Isah Cahyani. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationship (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar Jilid 4 No. 2

Susilo, Sigit Vebrianto, and Gita Risda Garnisya. 2018. “Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4(2): 66.

Niliawati, Liani, dkk. 2018. "Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated, Reading, and Composition) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. III No. 1

Maulana, Panji, and Aulia Akbar. 2017. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisoin) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pesona Dasar 5(2): 46–59.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Gustriani, Delita. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Pemahaman Menggunakan Graphic Organizer Plot Diagram untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vo. II No. 2

Suryani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN No. 054/XI Muara Air. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vo. 17 No. 2

Johan, Gio Mohamad, and Dyoti Auliya Vilda Ghasya. 2018. Pengembangan Media Literasi Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa Vol. 5 No. 2

Mirasanthi, Kadek Gustini, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Penarukan. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No. 1

Khaerunnisa, dkk. 2018. Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Indonesian Journal of Educational Studies Vol. 21 No. 1

Gunarsa, Made Deni, dkk. 2018. Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6 No. 1

Shidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya Metode Penelitian Kualitatif.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Liliani, Okti. 2016. "Identifikasi Kesulitan Membaca Pemahaman pada Siswa Tunagrahita Kategori Ringan Kelas 5 di SDN Bangunrejo 2". Skripsi. FIP, Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawati, Ennok, dkk. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf. Jurnal Kalimaya Vol. 7 No. 2

Mirasanthi, Kadek Gustini, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Penarukan. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No. 1

Liya, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru dalam Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 5 (1), 1-13.

Monica, Ratu Anggia Intan, dkk. 2020. Analisis Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Membaca Vol. 5 No. 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.