Penerapan model think pair share (TPS) dengan benda nyata untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada peserta didik kelas II sekolah dasar

Gesti Dias Anspita, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Yulianti Yulianti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar pecahan peserta didik kelas II SDN Jenar Lor Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan model Think Pair Share (TPS) dengan benda nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Jenar Lor tahun ajaran 2018/2019 dengan banyaknya peserta didik 17 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data menggunakan teknik milik Miles dan Huberman, meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat pratindakan, belum ada peserta didik yang tuntas KKM dengan nilai rerata pratindakan 40,94. Setelah dilaksanakan penelitian siklus I, nilai rerata akhir siklus I menjadi 78,59 dengan ketuntasan klasikal 64,71%. Ketuntasan klasikal tersebut mengalami peningkatan pada pada siklus II menjadi 88,23% dengan nilai rerata 86. Simpulannya, penerapan model Think Pair Share (TPS) dengan benda nyata  dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada peserta didik kelas II SDN Jenar Lor tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: pemahaman konsep, pecahan, model think pair share dengan benda nyata, sekolah dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.