Peningkatan keterampilan pemecahan masalah soal cerita bangun datar melalui penerapan model pembelajaran auditory intellectually and repetition peserta didik kelas iii sekolah dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Model pembelajaran ini dapat melatih peserta didik memecahkan masalah secara mandiri.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan 6 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SD Negeri Danukusuman Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 peserta didik. PTK ini terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Hasil penelitian tentang pra-tindakan menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan pemecahan masalah sebesar 23,80%. Siklus pertama meningkat menjadi 57,14% secara klasikal dan siklus kedua meningkat menjadi 85,71% secara klasik. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase kentuntasan klasikal. Maka dari itu, keterampilan pemecahan masalah soal cerita bangun datar dapat meningkat melaui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR).
Full Text:
PDFReferences
F Shadiq 2014 Pembelajaran Matematika Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa (Yogyakarta: Graha Ilmu) [2] H Hendriana and Soemarmo 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung: Refika Aditama) [3] S R Hidayat 2017 Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi J. Penelit Pengemb Pendidik Fisn 3 (2) 157–166 [4] Ubay and Rosdiana 2018 Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Smp MATHEdunesa J. Ilm Pendidik Mat 6 (1) [5] G Polya 2004 How to Solve It_ A New Aspect of Mathematical Method (Princeton and Oxford: Princeton University Press) [6] G Roebyanto dan Harmini 2017 Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD (Bandung: PT Remaja Rosdakarya) [7] E A Khairunnisa, Riyadi, and H Mahfud 2018 The Implementation ff AIR (Auditory Intellectually and Repetition) Learning Model Bases Flashcard Media to Improve Problem Solving Skill of Plane Geometry Soc. Humanit. Educ. Stud. 1 (1) 225–231 [8] M Fathurrohman 2015 Model Model Pembelajaran Inovatif (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media) [9] A. Shoimin 2017 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media) [10] M Huda 2013 Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar) [11] D A Dewi 2017 Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Kooperatif Tipe AIR (Auditory Intelectually and Repetition) dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan J. Ilm. Cisoc 4 (2) 131–140 [12] R A Rahmawati, S Kamsiyati and T Budhiarto 2017 Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Datar Pada Siswa Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 5 (4) [13] M Winditasari, H Soegiyanto and S Kamsiyati 2018 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Waktu Jarak dan Kecepatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 6 (8) 151–158 [14] A Hasnawati, Ikman and Sari 2016 Effectiveness Model of Auditory Intellectually Repetition (AIR) to Learning Outcomes of Math Students Int. J. Educ. Res 4(4649) 346–349 [15] P D Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta) [16] S Arikunto, Suhardjono and Supardi 2015 Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara) [17] W Rajagukguk 2015 Evaluasi Hasil Belajar Matematika (Yogyakarta: Media Akademi) [18] N Asih and D Nilakusmawati 2017 Effectiveness Application of Auditory Intellectually Repetition (AIR) Learning Model To Improve Student’S Learning Outcomes on Subject Two-Dimensional and Three-Dimensional Shapes Int. J. Adv. Res 5 (4) 933–938 [19] A Setiyawati, Soegiyanto and Riyadi 2017 Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbasis Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 5 (8)
Refbacks
- There are currently no refbacks.