Penerapan model discovery learning dengan media manipulatif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah volume bangun ruang (kubus dan balok) pada peserta didik kelas V SD
Abstract
Full Text:
PDFReferences
K. P. dan K. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan 2018 Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) (Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan) [2] S. Roebyanto, Goenawan & Harmini 2017 Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD 1st ed. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya) [3] K. E. Lestari and M. R. Yudhanegara 2017 Penelitian Pendidikan Matematika 2nd ed (Bandung: PT Refika Aditama) [4] G. Pólya 2004 How to Solve It_ A New Aspect of Mathematical Method- (Expanded P. United States of America: Princeton University Press) [5] M. T. Illahi 2012 Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill 1st ed (Jogjakarta: DIVA Press) [6] M. D. Svinicki 2018 A Theoretical Foundation for Discovery Learning AJP Centen vol 20 no 1 pp 4–7 [7] M. Hosnan 2014 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013 1st ed (Bogor: Ghalia Indonesia) [8] L. Burais, M. Ikhsan, and M. Duskri 2016 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning Didakt. Mat vol 3 pp 77–86 [9] A. In’am and S. Hajar 2017 Learning Geometry though Discovery Learning Using a Scientific Approach Int. J. Instr vol 10 no 1 pp 55–70 [10] E. Larbi and O. Mavis 2016 The Use of Manipulatives in Mathematics Education IISTE vol 7 no 36 pp 53–61 [11] J. M. Furner and N. L. Worrell 2017 The Importance of Using Manipulatives in Teaching Math Today NSU Florida vol 3 no 1 [12] I. D. Veramita, H. Mulyono, and Riyadi 2018 Improving Mathematical Problem Solving Skill Through The Application Cooperative Learning Model of Think Talk Write (TTW) Type in Student Grade V Elementary School (Classroom Action Research on Grade V Students of SD N Pajang 2 No. 171 Surakarta 2017/2018 Natl. Semin. Elem. Educ. (SNPD 2018) vol 1 no 1 pp 360–366 [13] R. T. N. Firdhaus 2017 “Penggunaan Discovery Learning dengan MediaModel Bangun Ruang dalam Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD” Kalam Cedekia PGSD Kebumen vol 5 no 2.1 pp 207–210 [14] M. D. Nuraini, S. Kamsiyati, and T. Budiharto 2016 “Pemanfaatan Media Realita untuk Meningkatkan Keterampilan Menghitung Volume bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jampiroso Temanggung Tahun Pelajaran 2015/ 2016” Didakt. Dwija Indria vol 4 no 4 [15] A. R. Alifka, H. Soegiyanto, and Karsono 2017 “Penggunaan Media Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Pecahana” Didakt. Dwija Indria vol 5 no 1 [16] E. Arinawati, S. Y. Slamet, and Chumdari 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Didakt. Dwija Indria vol 2 no 1 pp 1–8 [17] S. R. 140 Panitia Sertifikasi Guru Malalui PLPG 2016 Bahan Ajar PLPG Materi Keprofesionalan dan Pedagogik UNNES, Dirjen GTK, UMP (Purwokero: Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2016)
Refbacks
- There are currently no refbacks.