Analisis pembelajaran ipas berbasis meaningful learning untuk mengembangkan self-regulated learning siswa sd
Abstract
Keywords
References
Kemendikbudristek, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V. 2021.
Marwan and Aramudin, “KONSEP HAKEKAT, KONSEP DAN TUJUAN PEMBELAJARAN IPS DI MI/SD,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 02, pp. 300–311, 2025.
A. M. Oktaviani, A. Marini, and Fitriyani, “Pendidikan karakter melalui pembelajaran ips sd,” HOLISTIKA J. Ilm. PGSD, vol. 6, no. 2, pp. 101–107, 2022.
D. Nafisa, H. H. Tsalisa, Z. A. Yusuf, Z. I. Putri, and T. Rustini, “Peran Pembelajaran IPS dalam Pengembangan Karakter Siswa SD Kelas Awal,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 2, pp. 25640–25647, 2024.
R. Nuriana and I. H. Hotimah, “PENERAPAN MEANINGFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH,” J. Sej. dan Budaya Jambura, vol. 5, no. 2, pp. 1–15, 2023.
K. Al, M. Hafidzhoh, N. N. Madani, Z. Aulia, and D. Setiabudi, “Belajar Bermakna ( Meaningful learning ) Pada Pembelajaran Tematik,” Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 1, pp. 390–397, 2023.
R. R. Yanti, “HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN ADIKSI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK DI SMP PASUNDAN 12 BANDUNG,” PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2025.
R. M. Agusta, S. N. Syamsiah, I. Rahmawati, and R. S. Dewi, “ANALISIS TANTANGAN PEMBELAJARAN IPS DALAM KONSEP TATA RUANG DAN SISTEM SOSIAL,” J. Imiah Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 1656–1667, 2025.
M. Melati, “Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa melalui Model Pembelajaran Arias Berbantuan Media Audio Visual,” J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 9, no. 2, pp. 213–223, 2017.
S. N. Annisa, U. Cahyaningsih, and A. Yanto, “Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Bul. Ilm. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 79–86, 2024.
U. R. Syafawani and I. I. S. Utami, “Perspektif Guru: Pengembangan Pemahaman Konsep Abstrak Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Concept Learning pada mata pelajaran IPS,” J. Pengajaran Sekol. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 57–78, 2025.
B. Adriani, H. Tarigan, E. Saragih, N. Salwa, I. Wesly, and Khairunnisa, “Analisis metode pembelajaran ips di sekolah dasar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 8, no. 3, pp. 7709–7715, 2025.
A. F. Saragih, D. S. Palupi, O. F. Adelia, and N. A. Maisya, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE CERAMAH DI KELAS VI SD S TIGA HATI,” DE_JOURNAL (Dharmas Educ. Journal), vol. 3, no. 1, pp. 11–17, 2022.
N. N. Syawalin and S. Subandi, “Alternatif Solusi dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman , Motivasi , dan Interaktivitas melalui Storytelling , Media Digital , dan Project-Based Learning,” Karimah Tauhid, vol. 4, no. 6, pp. 3840–3850, 2025.
N. P. Yudhiarti, “REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA SD DIMASA PEMBELAJARAN DARING,” J. AL-ILMU, vol. 1, no. 1, pp. 50–55, 2021.
Kusaeri and U. N. Mulhamah, “KEMAMPUAN REGULASI DIRI SISWA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA,” J. Rev. PEMBELAJARAN Mat., vol. 1, no. 1, pp. 31–42, 2016.
A. Y. Purwaningsih and H. H. Pendidikan, “Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 22–30, 2020.
J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung, 2019.
J. S. Matthew B. Miles , A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif. 2014.
N. A. Hamida, L. H. Sein, and W. Ma, “IMPLEMENTASI TEORI MEANINGFULL LEARNING DAVID AUSUBEL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI NURSYAMIYAH TUBAN,” Al-Madrasah J. Ilm. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 4, pp. 1386–1400, 2022.
Tarmidzi, “Belajar Bermakna (Meaningful learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA,” Caruban J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 131–139, 2018.
R. Permatasari and M. Akip, “Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Self-regulated learning untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Sekolah Dasar di Nanga Pinoh,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 90–104, 2019.
A. A. A. D. Sutyaningsih, S. A. P. D. Oktayanti, and N. K. Nopiani, “Lebih Dari Sekedar Tugas Selesai: Studi Literatur Tentang Self- Management sebagai Fondasi Pembelajaran Bermakna di SD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 9, no. 2, pp. 15445–15453, 2025.
N. Sa’idah and M. Habibi, “Pengembangan Instrument Self-regulated learning Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar,” ELSE (Elementary Sch. Educ. Journal), vol. 9, no. 1, pp. 125–131, 2025.
D. Pramesti and B. Suryadi, “Systematic Literature Review : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self-regulated learning pada Siswa,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 520–530, 2025.
S. Bukit, R. B. B. Perangin-Angin, and A. Murad, “Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. BASICEDU, vol. 6, no. 5, pp. 7858–7864, 2022.
Ruslaini and T. Novika, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA,” J. Geuthèë Penelit. Multidisiplin, vol. 04, no. 01, pp. 1–9, 2021.
N. P. E. Juniari, N. N. Parwati, and I. M. Tegeh, “PENGARUH SELF REGULATED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK,” J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 11, no. 2, pp. 1–10, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.



