Hubungan kemampuan reflektif guru dengan kualitas pemebalajaran di sekolah dasar
Abstract
Kemampuan reflektif guru merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas pembelajaran. Guru yang mampu merefleksikan praktik mengajarnya secara kritis dan konstruktif cenderung mampu melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan reflektif guru dengan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel terdiri dari 10 guru sekolah dasar yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa angket kemampuan reflektif dan observasi kualitas pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kemampuan reflektif guru dan kualitas pembelajaran (r = 0,715, p < 0,020). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan reflektif guru, semakin tinggi pula kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan yang menumbuhkan kemampuan reflektif guru dalam praktik mengajar.
Keywords
References
Farrell, T. S. C., & Kennedy, B. (2019). Reflective practice framework for TESOL teachers: one teacher’s reflective journey. Reflective Practice, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/14623943.2018.1539657
Irawati, H., Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Ulum, S., & Author, C. (2025). PRAKTIK REFLEKSI GURU DAN DAMPAK NYA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN (Vol. 1, Issue 3). https://journal.yapakama.com/index.php/JAMED
Macapinlac, F. &, Farrell, T. S. C., & Macapinlac, M. (2021). CJAL * RCLA Professional Development Through Reflective Practice: A Framework for TESOL Teachers. In Canadian Journal of Applied Linguistics (Vol. 24).
Nasution, N. S., & Albina, M. (2024). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Refleksi Diri. https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba
Neltiana, S., & Putri, R. (2025). PERAN ETIKA KEPRIBADIAN DAN KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. 4(1), 11–19.
Prisilia, S. R., Riyadi, A. R., & Maulidah, N. (n.d.-a). Pendidikan Dasar FIP Universitas Pendidikan Indonesia.
Prisilia, S. R., Riyadi, A. R., & Maulidah, N. (n.d.-b). Pendidikan Dasar FIP Universitas Pendidikan Indonesia.
Rokayah, R., & Rahayu, A. H. (2024). A Survey of Elementary School Teachers’ Self-Reflection Skills: Uncovering the Role of Reflection in Improving Learning Quality. Mimbar Sekolah Dasar, 11(4), 677–687. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v11i4.78699
Sriyanto, H. J. (2024). GAMBARAN PRAKTIK REFLEKTIF DI KALANGAN GURU.
Suhifatullah, M. I., & Darmojo, H. S. (2025). Teacher’s Reflective Thinking Model in Overcoming Students’ Problems at Schools Through Digital Communication. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 19(3), 1894. https://doi.org/10.35931/aq.v19i3.4997
Surdiyantiningsih, Hersulastuti, Purwo Haryono, Dwi Bambang Putut Setyadi, & Nanik Herawati. (2021). Teachers Reflective Practices and Its Impact on Teaching and Learning English in the Implementation of Merdeka Curriculum. Print) Journal of English Language and Education, 10, 2025. https://doi.org/10.31004/jele.v10i4.1176
Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, & Lestari, T. H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 125–138.
Ulfa Khairani, E., Chan, F., Hayati, S., & FKIP Universitas Jambi, P. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN METAKOGNISI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Vol. 10).
Widiastari, N., & Fithriani, R. (2024). Teachers’ Practices of Reflective Teaching in EFL Classroom. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(3), 679–689. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i3.591
Wulandari, N., Kuntarto, E., & Rosmalinda, D. (2025). Pengalaman-Pengalaman Terbaik Dalam Melaksanakan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar:Kajian Praktik Reflektif Guru. Pendas:JurnalIlmiahPendidikanDasar, 02.
Refbacks
- There are currently no refbacks.





