Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan powerpoint interaktif terhadap kemampuan numerasi peserta didik sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
Hartatik, S., & Nafiah. 2020. Kemampuan numerasi mahasiswa pendidikan profesi guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.V5i1.1456 [2] Mariamah, Suciyati, & Hendrawan. 2021. Kemampuan numerasi siswa sekolah dasar ditinjau dari jenis kelamin. Tunas Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 17–19. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/tunas%0A [3] Munawaroh, I. 2019. Penggunaan Media Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Sindangkasih. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 1(9), 266–273. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1050 [4] Sarwahita, S. A., Sutrisno, T., & Suswandari, M. 2024. Peran guru dalam mendiagnosis kesulitan literasi numerasi di sekolah dasar negeri Pondok 01. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1087–1096. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1024 [5] Julyananda, M. A., Yulianti, T., & Pasha, D. 2022. Rancang bangun media pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi untuk kelas 1. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 366–375. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2416 [6] Mellenia, C. A., Muanifah, M. T., & Rhosyida, N. 2022. Pengaruh penggunaan media powerpoint interaktif terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Sumber Jaya. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13559 [7] Nababan, K. 2024. Pembelajaran Kimia Abad 21. Tahta Media Group. [8] Sopandi, W. 2021. Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah (B. Maftuh (ed.)). Universitas Pendidikan Indonesia Press. [9] Amelia, E. D., Imran, M. E., & Anisa. 2024. Pengaruh model pembelajaran RADEC ( read , answer , discussion , explain , and create ) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 06(03), 17890–17901. https://doi.org/jonedu.org/index.php/joe [10] Syifani, A., Sujana, A., & Ali, E. Y. 2024. Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas V sekolah dasar. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 07(03), 554–560. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22894 [11] Sari, N., & Sukmawati, W. 2023. Pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap penguasaan konsep sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(4), 1257–1266. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i4.1460 [12] Khaltsum, U. 2023. Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media I- Spring terhadap kemampuan berbahasa siswa SD di Kota Makassar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04). https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7160 [13] Sopandi, W. 2021. Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah (B. Maftuh (ed.)). Universitas Pendidikan Indonesia Press. [14] Sudirman, Burhanuddin, & Fitriani. 2024. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Pena Persada Kerta Utama. [15] Arofah, M. S., Nugraha, A. W., Pgri, U. B., dan Pgri, U. B. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Materi Peluang Kelas VIII Di SMP Negeri Sumbergempol. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 139–151. https://proceeding.unpkediri.ac.id [16] Baharuddin, M. R., Sukmawati, & Christy. 2021. Deskripsi kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1607 [17] Baharuddin, M. R. 2020. Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486–492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442 [18] Harmianti, Irmawanty, & Imran, M. E. I. 2023. Pengaruh model pembelajaran radec terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 7 / 83 Bune Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Journal Innovation in Education (INOVED), 1(3), 88–98. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.211
Refbacks
- There are currently no refbacks.



