Penerapan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas I di sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan komik digital sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas satu di SDN 1 Dengkeng. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca nyaring siswa dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dimodelkan setelah Kemmis & McTaggart, dengan empat langkah utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes. Penelitian ini melibatkan 10 siswa dan guru kelas satu di SDN 1 Dengkeng. Validasi data menggunakan uji validitas isi berupa soal tes yang dinilai oleh dosen ahli sebagai validator, triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa. Hasil ini terlihat dari persentase siswa yang menyelesaikan membaca nyaring, yang meningkat dari 40% menjadi 80% dari total siswa. Lebih lanjut, media ini juga mampu memotivasi dan menumbuhkan minat belajar membaca, memperluas pemahaman, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan komik digital sebagai media pembelajaran yang efektif dan inovatif dapat mendukung peningkatan keterampilan membaca nyaring di tingkat sekolah dasar.
Keywords
References
A. Candra Dewi et al., “Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan,” J. Educ., vol. 09, no. 01, pp. 9725–9734, 2023. [2] M. A. Shomad and S. Rahayu, “Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika,” J. Techonolgy Math. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 2829–3363, 2022. [3] A. Fadilah, K. R. Nurzakiyah, N. A. Kanya, S. P. Hidayat, and U. Setiawan, “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran,” J. Student Res., vol. 1, no. 2, pp. 1–17, 2023. [4] A. Novelina Santoso, Ellis Salsabila, and L. D. Haeruman, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android dengan Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 20 Jakarta,” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 6, no. 2, pp. 39–50, 2022, doi: 10.21009/jrpms.062.06. [5] A. D. Juliandari, A. Ruswan, N. Tiara, and A. Sari, “Penerapan Strategi Know-Want To Know- Learned ( KWL ) Berbantuan Komik Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar,” pp. 637–646, 2023. [6] Y. Budianti and F. Indri Wardhani, “Analisis Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 7–12, 2023, doi: 10.33558/pedagogik.v11i2.7956. [7] F. E. A. Fauzia, “Pengaruh Media Komik Digital terhadapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MA Zumrotul Wildan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021,” Perpust. IAIN Kudus, pp. 1–23, 2021, [Online]. Available: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.iainkudus.ac.id/6478/5/BAB II.pdf [8] M. I. Damayanti, S. Pd, and M. Pd, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDONGENG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR Abstrak,” pp. 2670–2684, 2014. [9] P. Hasibuan, R. Azmi, D. B. Arjuna, and S. U. Rahayu, “Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi Analysis of Air Temperature Measurements Using the Observational Method,” ABDIMASJurnal Garuda Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2023, [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ [10] A. Juanda, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish, 2016. [11] S. et al. Arikunto, Penelitian tindakan kelas, 3rd ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2019. [12] E. N. Sitepu, “Media Pembelajaran Berbasis Digital,” Mahesa, vol. 1, no. 1, pp. 242–248, 2021, doi: 10.34007/ppd.v1i1.195. [13] N. et al. Wulandari, “Meningkatkan keterampilan membaca nyaring melalui model pembelajaran cooperative script di sekolah dasar,” Attadib J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, 2019. [14] Masyithah, S. Halidjah, and D. A. Vilda, “Deskripsi Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 31 Pontoanak Barat,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, pp. 4036–4041, 2024. [15] L. M. Zahro and W. Sukartiningsih, “Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Android Untuk Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, no. 7, pp. 1425–1438, 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.



