Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD

Ismul Nurul Khasanah, Ujang Efendi, Agung Dian Putra, Frida Destini

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Hargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD Negeri 2 Hargomulyo dan (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 38 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menggunakan regresi linier sederhana dan diperoleh nilai Fhitung = 60,495 > nilai Ftabel = 4,413 dengan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD Negeri 2 Hargomulyo. Hasil penelitian pada uji hipotesis kedua menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,187 > ttabel 2,028 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.