Hubungan antara minat baca dan kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
Y. Kiuk, I. G. . Suputra, and L. D. S. Adnyani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please,” Indones. Gend. Soc. J., vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2021, doi: 10.23887/igsj.v2i1.39207. [2] R. C. Nurul Ittihad, Rahma Azhari Hamzah, “PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN DI SEKOLAH DASAR : SEBUAH ANALISIS DAN USULAN TEORETIS,” vol. 5, no. 1, pp. 78–94, 2025. [3] A. P. Nugraha, Z. MS, and T. Bintoro, “Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 2, no. 1, p. 19, 2018, doi: 10.17509/ijpe.v2i1.11647. [4] R. F. Martavia, H. E. Thahar, and Y. Asri, “Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang,” Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 2, pp. 363–369, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/10003 [5] D. Novrizta, “Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, pp. 104–124, 2018, doi: 10.31004/jrpp.v1i1.168. [6] A. N. Diana and W. Sukartiningsih, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Prambon Sidoarjo,” J. PGSD, vol. 05, no. 03, pp. 256–266, 2017. [7] D. V. Deminda and M. Ahmad, “Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Film Animasi Pada Kecakapan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, p. 218, 2022, doi: 10.33394/jtp.v7i2.5530. [8] B. M. Sofiani, “Hubungan Minat Baca Dan Pemahaman Bacaan Unsur Intrinsik Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA,” ALINEA J. Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2023, doi: 10.58218/alinea.v3i1.473. [9] A. W. Sari and D. P. Yanda, “Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti,” J. Gramatika, vol. 2, pp. 179–193, 2016. [10] S. A. Frans, Y. Ani, and Y. A. Wijaya, “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar [Reading Comprehension Skills of Elementary School Students],” Diligentia J. Theol. Christ. Educ., vol. 5, no. 1, p. 54, 2023, doi: 10.19166/dil.v5i1.6567. [11] M. J. Satriawan, Padlurrahman, and Mohzana, “Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman,Penguasaan Kosa Kata Dan Sikap Bahasa Dengan KeterampilanMenulis Ringkasan Siswa Di Sekolah Dasar,” BADA’A J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 352–260, 2023, doi: 10.37216/badaa.v5i2.1174. [12] T.M. Safitri, T.S. Susiani, and Suhartono, S., 2021. Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp.2985-2992. [13] S. Maufur, and A. Sholeh, 2015. Penerapan Metode Pqr4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pengampon Ii Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2). [14] K Utami, V. Oktaviany, and R Dwiprabowo, 2021. Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 369-375). [15] Y. Yuliana, 2020. Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), pp.288-297. [16] V.S. Alpian, and I. Yatri, 2022. Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), pp.5573-5581. [17] U Wahyuni, E.A. Saibi, and F.A. Amna, 2024. Hubungan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Kota Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), pp.506-511.
Refbacks
- There are currently no refbacks.