Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Kecerdasan Ekologis Aspek Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar Adiwiyata kelas 5 Se- Kecamatan Laweyan
Abstract
Keywords
References
Supriatna N. Ecopedagogy: Membangun kecerdasan ekologis dalam pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2016. [2] Babullah R. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. 2018. [3] Handayani et al. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa metode konvensional masih berbasis hafalan dan kurang kontekstual. [4] Bahrun SA, Ramlawati R, Hasanuddin H. Pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap kenaikan hasil belajar IPA peserta didik MTS. Jurnal IPA Terpadu. 2021;4(2):20–29. [5] Pristiandaru DL. Indonesia peringkat bawah dalam skor keberlanjutan lingkungan. Kompas.com. 2023. [6] Pristiandaru DL. Data indikator kawasan Asia Tenggara. [7] Fahlevi R, Jannah F, Sari R. Implementasi karakter peduli lingkungan melalui Adiwiyata di SD. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 2020;5(2):68–74. [8] Hasanah E, Zultiyani, Burhanudin, Ikhsan Al Ghazi M. Membangun kecerdasan ekologis: implementasi pendidikan Adiwiyata di SD. Jmp-Dmt. 2024;5(2):187–196. [9] Ifrianti S, Ningrum AR. Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan terhadap perkembangan kecerdasan emosional peserta didik. Jurnal Ilmiah PGMI. 2020;6(2):252–270. [10] Wulandari et al. Pembelajaran di luar kelas mampu meningkatkan motivasi, konsentrasi, dan berpikir kritis peserta didik. [11] Cintami C, Mukminan M. Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi di SMA Kota Palembang. SOCIA. 2018;15(2):164–174. [12] Feriandi YA, Budimansyah D, Komalasari K. Studies on the Ecological Competence of Civic Education in Primary Schools. Madrasah. 2021;13(2):173–185. [13] Pariani N, Sriartha IP, Kertih IW. Pengaruh metode outdoor study berbasis Subak dalam IPS. Jurnal Pendidikan. 2021;20(2):106–117. [14] Vera A. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). DIVA Press; 2012. [15] Cendikia MR, Astutik S, Pangastuti EI, Kurnianto FA, Apriyanto B. Kontribusi pengetahuan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa MA Negeri 2 Jember. PGeo. 2023;6(1):30. [16] Ismail I. Perkembangan kognitif pada masa pertengahan dan akhir anak-anak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan. 2019;4(1):15–22. [17] Becker C, Lauterbach G, Spengler S, Dettweiler U, Mess F. Effects of regular classes in outdoor education settings. Int J Environ Res Public Health. 2017;14(5):1–20. [18] Deva Dewiyana Sari D, Kinanti D, Sartika PD, Pramesti RA, Aidah RS. Kajian Outdoor Learning Process dalam pembelajaran Biologi. DIAJAR. 2023;2(2):160–166. [19] Bagheri A and Parnianpour L 2023 Effects of nature-based learning on children's executive functioning and cognitive engagement Learning Environments Research 26(3) 507–529. https://doi.org/10.1007/s10984-023-09438-1 [20] Wulandari R, Sudargo F H and Rahmawati Y 2020 Outdoor learning untuk meningkatkan kesadaran lingkungan siswa sekolah dasar Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 9(3) 393–401 https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24995 [21] Piaget J 1973 To Understand Is to Invent: The Future of Education (New York: Grossman Publishers) p 112 [22] Vygotsky L S 1978 Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (Cambridge, MA: Harvard University Press) p 86 [23] Sugiyono 2023 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta) p 110 118 [24]Creswell J W 2023 Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 7th ed (Boston: Pearson) p 228
Refbacks
- There are currently no refbacks.