Pengaruh model inquiry based learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap pemecahan masalah peserta didik sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
[1] Astuti, YP (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Peserta didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 01, 83–90. [2] Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3). [3] Cynthia, RE, & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. [4] Annam, S., Susilawati, S., & Ayub, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict- Observe-Explain) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Sma Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 35–42. [5] Fariz, R., & Dewi, NR (2022). Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 304–310. [6] Musriah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran PAI di MI Raudhotul Mubarokah. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula [7] Safira, A., Choirunnisah, C., Octavyanti, IA, Apriliyani, ND, & Wigati, NA (2024). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik. Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 249–255. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.165 [8] Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. [9] Hakim, MN, & Iskandar, MN (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37. [10] Naibaho, DP (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Mahasiswa Kreatif (JCSR), 81–91. [11] Rahmah, S., Dalila, AA, Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Peserta didik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. [12] Taufiq Hidayat, S., Istyowati, A., & Pratiwi, HY (2023). Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membaca Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 03(48). [13] Marten Yogaswara, S., Novendra, AM, Almujab, S., & Ramafrizal, Y. (2020). Analisis Perbandingan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5(2), 224–240. [14] Ramdani, DH, & Sunanih, MFN (2024).Pengaruh Permainan Tradisional Dam-Daman Bangun Datar (Damtar) Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Kelas IV SDN Cililitan. Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum and Assessment, 1(2), 80–91. [15] Lu, J., Lajoie, SP, Wiseman, J., & Chan, LK (2021). Scaffolding students' problem solving in technology-enhanced learning environments: A systematic review. Educational Psychology Review, 33(3), 1273–1301. [16] Fauth, B., Decristan, J., Rieser, S., Klieme, E., & Büttner, G. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in primary science education: The mediating role of teaching quality. Bahasa Indonesia: Pengajaran dan Pendidikan Guru, 86, 102882. [17] Özkan, H., & Güneş, P. (2018). Dampak pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri terhadap keterampilan dan disposisi berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Siprus, 13(4), 716–728. [18] Kim, MK, Tan, C., & Kim, HJ (2018). Sebuah meta-analisis pengajaran sains berbasis inkuiri: Hubungan antara instruksi berbasis inkuiri dan hasil belajar siswa dalam sains. Jurnal Penelitian dalam Pengajaran Sains, 55(7), 873–899. [19] Kılıç, HD (2022). Dampak instruksi yang dibedakan terhadap pembelajaran dan sikap siswa dalam pendidikan sains: Sebuah tinjauan meta-analitik dan tematik. Jurnal Internasional Pendidikan Sains, 44(8), 1239–1263.
Refbacks
- There are currently no refbacks.