Analisis penerapan nilai sosial dalam pembelajaran IPS siswa kelas V
Abstract
Keywords
References
[1] D. Nadhiva and A. Azharotunnafi, 2022, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Ips,” Din. Sos. J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., 1(4), pp. 401–411, doi: 10.18860/dsjpips.v1i4.2072.
[2] D. P. Cahyaningrum, R. Winarni, and A. Surya 2021, “Analisis muatan nilai moral dalam dongeng pada buku siswa kelas II sd tema 7 ‘kebersamaan’ kurikulum 2013,” Didakt. Dwija Indria, 9(2), doi: 10.20961/ddi.v9i2.48765.
[3] D. Ariyanti, R. Riyadi, and S. Kamsiyati 2022, “Profil internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SD,” Didakt. Dwija Indria, 9(6), doi: 10.20961/ddi.v9i6.54424.
[4] F. Rahmawati, S. Istiyati, and S. Kamsiyati 2023, “Penanaman nilai sosial pada pembelajaran muatan IPS kelas V sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., 9(1), doi: 10.20961/jpiuns.v9i1.72368.
[5] D. T. K. Hidayat 2020, Implementasi Penanaman Nilai Sosial Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS.
[6] N. Azizah, S. Istiyati, and S. Kamsiyati 2023, “Analisis peran guru dalam penanaman sikap sosial siswa pada proses pembelajaran ips tatap muka terbatas kelas v sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, 10(6), pp. 1–6, doi: 10.20961/ddi.v10i6.71653.
[7] D. P. Hadi 2017, “Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V,”.
[8] A. Husna, T. Latipa, and O. Farhurohman 2024, “Penanaman Nilai Moral Sosial dalam Pembelajaran IPS,” Herodotus J. Pendidik. IPS, 7(3), p. 431, doi: 10.30998/herodotus.v7i3.26682.
[9] A. Hariandi 2020, “Di Lingkungan Sekolah Dasar,” Nur EI-Islam, 7(1), pp. 53–66, 2020.
[10] Z. Hasanah and A. S. Himami 2021, “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa,” Irsyaduna J. Stud. Kemahasiswaaan, 1(1), pp. 1–13, doi: 10.54437/irsyaduna.v1i1.236.
[11] N. Nurbaiti, S. Istiyati, and H. Hadiyah 2022, “Analisis perkembangan sikap sosial peserta didik kelas iv sd dalam materi keragaman suku di Indonesia,” Didakt. Dwija Indria, 9(6), doi: 10.20961/ddi.v9i6.58912.
[12] A. Wulandari and E. Radia 2021, “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD,” Mimb. PGSD Undiksha, 9(1), p. 10, doi: 10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.
[13] A. F. Ahmad and S. Amin 2022, “Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips,” Din. Sos. J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos., 1(2) pp. 109–125, doi: 10.18860/dsjpips.v1i2.1488.
[14] A. Rosyada, R. Sabina, and A. Lestari 2024, “Peran Pendidikan Pada Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Nilai-Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Penelit. Mhs., 2(3), pp. 96–110, [Online]. Available: https://doi.org/10.61722/jipm.v2i3.64
[15] P. Djuwita 2017, “Pembinaan etika sopan santun peserta didik kelas v melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar nomor 45 kota bengkulu (Development of ethical manners of class v students through civic education learning at elementary school number 45 ,” J. PGSD, 10(1), pp. 27–36.
[16] P. Studi et al., 2025 “MAHASISWA DAN AKADEMISI Volume 1 Nomor 1 Integrasi Nilai Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar,” 1, pp. 83–94.
Refbacks
- There are currently no refbacks.