Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media matific untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Ariani, Y. Hartono, dan C. Hiltrimartin, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara,” Jurnal Elemen, vol. 3(1), hlm. 25–34, 2017. S. S. Latifah dan I. P. Luritawaty, “Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Mosaharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 9(1), hlm. 35–45, 2020. R. S. Putri, M. Suryani, dan L. H. Jufri, “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8(2), hlm. 331–340, 2019. R. M. Gagné, The conditions of learning and theory of instruction, 4th edNew York: Holt, Rinehart and Winston., 1985. M. Nisa, D. Kurniawan, dan S. Mulyati, “Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa SD,” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 7(1), hlm. 45–55, 2023. A. Suryani, M. Widiawati, dan S. Istiyati, “(MMP) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didaktika Dwija Indria, vol. 7(1), hlm. 1–6, 2019. M. Sari dan S. Sumarmi, “Implementasi Problem Based Learning untuk pemahaman kontekstual siswa,” International Journal of Instruction, vol. 14(2), hlm. 11–26, 2021. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022. D. Romita, A. Saharuddin, dan H. Mustofa, “Efektivitas penggunaan Matific terhadap hasil belajar matematika siswa SMP,” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Digital, vol. 6(1), hlm. 20–30, 2024. A. Ariyanti, R. M. Sari, dan E. Lestari, “Penerapan model problem based learning berbantuan media papan takur untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas II SD,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 9(2), hlm. 77–85, 2023. Y. Mariyah, A. Budiman, H. Rohayani, dan W. Audina, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari,” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), vol. 4(2), hlm. 959–967, 2021. R. Rahmawati, S. Baa, dan N. Asma, “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di SMP Pesantren Emas Pangkajene Sulawesi Selatan,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, vol. 3(4), hlm. 145–152, 2021. Sukmawati, Hidayat, dan O. Liliani, “Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4(4), hlm. 886–894, 2022. M. S. P. Utama dan S. Marmoah, “Model MMP untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didaktika Dwija Indria, vol. 7(5), hlm. 7–12, 2019. R. Sulistyowati, J. I. S. Poerwanti, dan C. Chumdari, “Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media komik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas v sekolah dasar,” Didaktika Dwija Indria, vol. 12(4), hlm. 304–309, 2024. R. Putri dan Rusnilawati, “Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa SD,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Indonesia, vol. 13(1), hlm. 101–110, 2025.
Refbacks
- There are currently no refbacks.