Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan media benda konkret terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas V sekolah dasar

Arum Kinasih, Matsuri Matsuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT), yang didukung oleh penggunaan media benda konkret, terhadap pencapaian matematika pada topik bangun datar di kalangan siswa kelas lima di SD Negeri Rejosari. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimental, analisis awal menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas. Kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata post-test sebesar 79,77, sementara kelompok kontrol mencapai 70,53. Uji t sampel independen menghasilkan nilai signifikansi 0,003 (p < 0,05), menunjukkan perbedaan yang secara statistik bermakna antara kedua kelompok. Pendekatan TGT mendorong partisipasi aktif siswa, meningkatkan kerja sama tim, dan meningkatkan motivasi serta pemahaman konseptual. Penggunaan media konkret memfasilitasi pembelajaran dengan menghubungkan konsep matematika abstrak ke pengalaman nyata yang konkret. Temuan ini sejalan dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget, yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman selama masa sekolah dasar. Secara ringkas, penerapan model TGT bersama dengan objek konkret berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja pembelajaran matematika siswa.

Keywords

team games tournament;benda konkret;hasil belajar;bangun datar

References

A. J. Pulungan, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 31–36, 2020. [2] D. D. Gustiani and N. Puspitasari, “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari,” Plusminus J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 3, pp. 435–444, 2021, doi: 10.31980/plusminus.v1i3.947. [3] Yuliana, S. Rianto, and L. Setriani, “Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 1086–1089, 2024. [4] Y. P. N. Hakim, Chumdari, and M. I. Siriyanto, “Peningkatan Kemampuan MenyelesaikanSoal Cerita Pecahan Melalui Implementasi Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada SiswaSekolah Dasar,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 5, no. 9, 2017. [5] R. Anitra, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” JPDI (Jurnal Pendidik. Dasar Indones., vol. 6, no. 1, p. 8, 2021. [6] P. Utami, K. Kadir, and Y. Herlanti, “Meta-Analisis Pembelajaran Kooperatif di Indonesia,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 7, no. 1, pp. 106–115, 2021, doi: 10.21831/jipi.v7i1.39574. [7] H. Wulandari, “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemampuan Konsep Bangun Ruang,” Didakt. Dwija Indria, vol. 1, no. 7, pp. 1–4, 2013. [8] S. Handayani, J. I. S. Poerwanti, and S. Wahyuningsih, “Peningkatan KeterampilanSosial pada Pembelajaran IPS Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Peserta Didik Kelas IVSekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 8, no. 5, pp. 1–6, 2020. [9] S. Ekawati, S. A. Harahap, and N. Ramadhan, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDIT Ummu Hafidzah Sibiru-Biru,” Temat. J. Penelit. Pendidik. DASAR, vol. 3, no. 2, pp. 140–144, 2024, doi: 10.51476/tarbawi.v7i1.600. [10] L. Marinda, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar,” An-Nisa’ J. Kaji. Peremp. dan Keislam., vol. 13, no. 1, pp. 116–152, 2020, doi: 10.35719/annisa.v13i1.26. [11] Asadulloh, R. S. Bahtiar, and E. Santoso, “Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” J. Sci. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 43–49, 2024. [12] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D (2nd ed.). Alfabeta, 2019. [13] S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Surat Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013. [14] D. Priyatno, Mandiri belajar SPSS: untuk analisis data dan uji statistik. 2008. [15] D. C. Wibowo, L. Ocberti, and A. Gandasari, “Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai,” J. Ilm. Aquinas, vol. 4, no. 1, pp. 60–64, 2021, doi: 10.54367/aquinas.v4i1.974. [16] E. Ramiati, I. Mashuri, and D. Wariyani, “Pengaruh Penerapan Media Konkret Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Mi an-Nidhom Kebunrejo Genteng,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 60–72, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.