Pengaruh model pembelajaran orientation challenge apply review terhadap kemampuan menulis puisi cinta lingkungan peserta didik kelas v sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
R. Nursalamah, A. Hasim, L. S. Nurwahidah, and A. Kartini 2023 Korelasi Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Puisi J. Cahaya Mandalika 4(3) 283–288.
S. P. K. W. Tafonao, S. Zendrato, M. Zalukhu, S. N. S. Nazara, and L. Waruwu 2023 “Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Gunungsitoli Indo-MathEdu Intellectuals J., 4(3) 2304–2311 doi: 10.54373/imeij.v4i3.523.
I. G. N. Santika, I. W. Suastra, and I. B. P. Arnyana, 2022 Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Ipa (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning),” J. Educ. Dev. Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan 10(1) 207–212.
D. Purwanti 2017 Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagogi 1(2) 14–20 doi: 10.20961/jdc.v1i2.17622.
M. A. P. K. Harahap, A. R. Hasibuan, A. H. Siregar, S. Khairunnisa, and N. H. Ramadhani 2023 Efektivitas Metode Dikte untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sinar Dunia 2(3) 119–128.
F. T. Simatupang, K. Heeji, and D. Syahfitri 2022 Penerapan Metode Pembelajaran Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menulis Puisi di Smp Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2021/2022 J. Bhs. Indones. Prima, 4(1) 226–233, doi: 10.34012/jbip.v4i1.2708.
I. Ruser, 2023 Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Peserta Didik Kelas VII-9 SMP Negeri 11 Medan 2(3).
N. H. Fitriani and N. Huda 2022 Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 18(1) 65–69.
S. Nurrita, S. Suroyo, M. Sekarwinahyu, and M. Z. Arifin 2023 the Effect of Guided Inquiry Method on Science Process Skills Viewed From the Learning Styles J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar 6(2) 162–168 doi: 10.55215/jppguseda.v6i2.8124.
J. Jamaluddin, A. Asfar, H. Hujemiati 2019 Model Pembelajaran Guided Orientation Challenge Apply Review (Go Car) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Has. Penelit. 204–208.
A. M. I. T. Asfar and Irmawati, 2017 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Orientation Challenge Apply Review (OCAR) terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pros. Semin. Nas. “Tellu Cappa 7–9.
N. M. A. Dwijayanthi and M. R. U. Tangkas 2024 Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compostion pada Mata Kuliah Bahasa Kawi J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti 11(2) 452–463 doi: 10.38048/jipcb.v11i2.3292.
S. Kusumawardani, R. Diyanti, and G. Santoso 2020 Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10 Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ 1(23) 140–151.
P. D. Sugiyono 2018 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
J. W. Cresswell 2016 Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif,, Dan Campuran. PUSTAKA PELAJAR.
A. Fadhilah and A. Suriansyah 2024 Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA Menggunakan Model PANTING Memakai Media Lilin Siswa Sekolah Dasar AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar 8(1) 103 doi: 10.29240/jpd.v8i1.8809.
A. M. Aziz, F. Atmajaya, A. W. Yusuf, and A. Hermawan 2024 Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Membentuk Pembelajar Yang Kompeten Al-Fakkaar 5(1) 60–78.
Sugianti and I. Rosidah, 2024 Pengaryaan Tipografi pada Tugas Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa ALINEA J. Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 4(1) 172–179.
R. J. Sihotang, P. J. Purba, and M. Al Adiyat 2024 Analisis Gaya Bahasa Dalam Karya Sastra Cerpen Analysis J. Intelek dan Cendikiawan Nusant 3 3407–3419.
M. Ardhianti et al., 2025 Pelatihan Cipta Puisi Menggunakan Pendekatan Berbasis Proyek Bagi Peserta Didik Kelas Xii Sma Assa’adah Gresik PANCASONA Pengabdi. dalam Cakupan Ilmu Sos. dan Hum 4(1)17–30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.