Profil keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran ipas di sekolah dasar Kota Surakarta
Abstract
Keywords
References
D. Meilani, N. Dantes, and I. N. Tika 2020 Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng Jurnal Elementary 3(1) [2] M. Taufiqurrahman 2023 Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction 7(1) [3] E. Susanti, A. Sutisnawati, I. Nurasiah, and B. Kritis 2019 Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi Jurnal Kependidikan Utile 2(1) [4] E. Susilawati, A. Agustinasari, A. Samsudin, and P. Siahaan 2020 Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 6(1) [5] A. Fransiskus, E. J. Eduk, and M. N. I. Buku 2023 Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning di SMP Negeri 5 Kota Kupang JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi 1(1) [6] C. L. Indiarti, J. I. S. Poerwanti, and S. Sularmi 2022 Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar Didaktika Dwija Indria 10(1) [7] D. S. Maura, R. Rukayah, D. Y. Saputri, and N. Bakdiyah 2020 Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menemukan ide pokok teks non fiksi deskripsi kelas IV sekolah dasar Jurnal Pendidikan Dasar 9(2) [8] R. Anitra 2021 Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 6(1) [9] S. Apriyana, Bunga. A, Nurhasanah. A, Rustamana. Y, and Maryuni 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMAN 4 Kota Serang Journal Of Social Science Research 4(1) [10] A. Nuraeni, T. Rosita, and I. Novianti 2022 Pengaruh Penggunaan Metode Team Assisted Individualization (TAI), Student Team Achievement Division (STAD) dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Di SDN Gugus I Kecamatan Cilincing Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran 6(2) [11] A. Rachmansyah, K. Karsono, and S. B. Kurniawan 2025 Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi matematika peserta didik kelas IV SD Jurnal Pendidikan Dasar 13(1) [12] R. Atut 2023 Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air Kelas V Sdn Bugangan 01 Indonesian Journal of Elementary 3(24) [13] Q. Qumillaila, B. H. Susanti, and Z. Zulfiani 2017 PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY VERSI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA Jurnal Cakrawala Pendidikan 36(1) [14] S. Hamdi 2023 PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SDM Jurnal Teknologi Pendidikan 5(1) [15] J. Betu, A. J. Patandean, and B. Burhan 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Bosowa Journal of Education 5(1) [16] T. Susilowati 2023 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan E-Modul Terhadap Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas V Jurnal Kualita Pendidikan 3(3) [17] A. S. Purwaningsih and N. Harjono 2023 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3) [18] R. R. Hake 1998 Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses Am J Phys 66(1) [19] I. B. P. A. Putra and Pujani N. M 2018 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Jurnal Serunai Matematika 12(1) [20] N. W. S. Darmayanti and N. W. I. Setiawati 2022 Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 5(2) [21] R. Slavin 2018 Educational Psychology (Theori and Practice) Tenth Edition. East Montpelier: Allyn & Bacon [22] A. Fadilah, K. R. Nurzakiyah, N. A. Kanya, S. P. Hidayat, and U. Setiawan 2023 Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Journal of Student Research (JSR) 1(2) [23] R. Susilana and C. Riyana 2019 Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Evaluasi. Bandung: CV WACANA PRIMA [24] R. A. Juwantara 2019 Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9(1) [25] Almulla 2020 Scaffolding and peer interaction are essential tools in implementing constructivist classroom environments International Journal of Education 2(1) [26] F. Fahrudin, A. Ansari, and A. S. Ichsan 2021 Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam Hikmah 18(1) [27] M. Alfarizi and M. R. Mahmud 2024 Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4(3) [28] I. Setiawan and A. W. Pebrina 2019 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 16(1)
Refbacks
- There are currently no refbacks.