Pengaruh Model Jigsaw Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dalam Pembelajaran IPAS
Abstract
Keywords
References
Fauzi, W. N. A., & Hajaroh, M. (2024). Membangun keterampilan abad 21: transformasi pembelajaran di tingkat dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 9–21. [2] Devi, R. S., Mulyasari, E., & Anggia R, G. (2023a). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(91). [3] Sari, A. P. K., & Mawardi. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4681–4704. [4] Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R., & Rosita, E. (2023). Analisis gaya belajar siswa dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.74 [5] Afriadi, F., Hidayah, M. F., & Gusmaneli. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 143–157. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan [6] Noviani, D., Daningsih, & Firmansyah, W. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Membentuk Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas V-A SDN Cilember 01 Bogor. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 01, 21–32. [7] Arta, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 9–22. [8] Kilay, Y. E., & Farhana, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berdiferensiasi pada Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 8(2), 1200–1210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7238 [9] Affandy, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Identifikasi Tokoh dan Latar Dalam Cerita Pendek melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Siswa Kelas V SDN Gunungsari 04 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2031–2053. https://jurnal.widyahumaniora.org/ [10] Amelia, S. (2024). Penerapan Proses Pembelajaran IPS SD dengan Menggunakan Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar. International Journal of Education,Social Studies and Conseling (IJEDUCA), 2(1), 1–8. [11] Handayani, V., Fatimah, S., Maulidiana, F., Nadia Putri, A. N., & Anjarwati, A. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. 5(2), 125. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH [12] Hidayati, R., Setyowati, R. N., & Astutik, F. (2023). Penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan permainan SOS dalam meningkatkan minat belajar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 240–251. [13] Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68. [14] Saputri, D. A., Nuroso, H., & Sulianto, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(1), 4083–4090. [15] Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 233 237. [16] Andina, R., Laranti, M., Ratna Kartika Waty, E., & Sohamah. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB dan KPK Di Kelas V SG Plus IGM Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 10(2), 121–132. https://doi.org/10.36706/jisd.v10i2.22427 [17] Kurniawan, G. (2023). Implementasi penyajian materi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Journal of Social Science and Education, 4(2), 147. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka [18] Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6, 224–232.
Refbacks
- There are currently no refbacks.