Penerapan model pembelajaran time token berbantuan media question card untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi geometri keliling dan luas bangun datar kelas V sekolah dasar

Laili Nabilah, Matsuri Matsuri

Abstract

This study aims to improve the mathematics learning outcomes of fifth grade students of SDN Beskalan Surakarta on the material of the perimeter and area of flat shapes through the Time Token learning model assisted by question card media. The research was conducted in the form of Classroom Action Research (PTK) for two cycles. Data collection techniques include observation, interviews, tests, and documentation, with qualitative and quantitative analysis. The results showed an increase in teacher and learner activities in each cycle. The completeness of learning outcomes increased from 25.93% in pre-action to 88.89% in cycle II. The application of the Time Token model proved effective in increasing active participation and understanding of geometry concepts. This research reinforces the importance of active learning models that involve interesting media in supporting the improvement of learning outcomes in elementary schools.

Keywords

Time Token, question card, learning outcomes, perimeter and area of flat shapes, elementary school.

References

[1] U. N. Afifah, Suwandono, and D. N. Oktaviani, “Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Two Stay Tawo Stray,” JIPMat, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.26877/jipmat.v3i2.2732.

[2] I. D. Aulianisa, R. Riyadi, and M. I. Sriyanto, “Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita pada materi keliling dan luas bangun datar berdasarkan newman’s error analysis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 10, no. 2, pp. 58–63, 2022, doi: 10.20961/ddi.v10i2.64376.

[3] S. Indayani, T. A. Kusmayadi, and B. Usodo, “Profil pemahaman siswa terhadap luas dan keliling bangun datar yang digunakan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan emosional,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 3, no. 3, pp. 326–337, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.uns.ac.id

[4] M. A. Umairoh, S. Marmoah, and Hartono, “Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep keliling dan luas bangun datar pada peserta didik kelas IV d SD Ta’mirul Islam Surakarta …,” Didakt. Dwija Indria, vol. 7, no. 1, pp. 44–49, 2019, [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/68500/Penggunaan-multimedia-interaktif-untuk-meningkatkan-pemahaman-konsep-keliling-dan-luas-bangun-datar-pada-peserta-didik-kelas-IV-d-SD-Tamirul-Islam-Surakarta-tahun-ajaran-20182019

[5] A. S. Salsabilah, N. P. Nur Afifah, and R. F. Putri Herdiansyah, “Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Gabungan Siswa Kelas IV SD,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 2601–2608, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.3290.

[6] A. Syarovina, A. Setyawan, S. Widayati, and Z. Nourhansah, “Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Belajar,” Eductum J. Literasi Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 36–49, 2024.

[7] M. R. Baziat, I. A. Nugroho, G. Handayani, Si. Zakirah, and A. Maulidiya, “Improving Student Learning Outcomes through the Numbered Head Together Learning Model on Always Saving Energy Material Grade IV Elementary School,” 2024. [Online]. Available: https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/5255

[8] N. F. Rahmawati, S. Istiyati, and Yulianti, “Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 8, no. 2, pp. 25–30, 2020, doi: 10.20961/ddi.v8i02.39845.

[9] N. Imami, H. Husniati, and U. Umar, “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kekeri Tahun Pelajaran 2022/2023,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 1b, pp. 834–841, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1274.

[10] O. Lestari, Indryani, U. Nugraha, and U. Sulistiyo, “Penerapan Media Question Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Kelas III di SD Negeri 47/Iv Kota Jambi,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 4, pp. 18252–18260, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39236.

[11] T. Kandaga, “Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA,” Edumatica, vol. 07, pp. 21–28, 2014.

[12] H. A. Umar, J. Muhsam, Nuriyah, and Nurlaila, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantuan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MIS Al Anshar Kupang,” Mimb. PGSD Flobamorata, vol. 2, no. 3, pp. 256–263, 2024.

[13] R. H. Setiawan, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends,” J. Akad. Pendidik. Mat., pp. 78–85, 2020, doi: 10.55340/japm.v6i2.259.

[14] S. Arikunto, Suhardjono, and Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, 2019.

[15] Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas: Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi. Rajawali Press, 2019.

[16] Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2022.

[17] U. Damayanti, A. Bahar, and S. Rohiat, “Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Mipa 1 Sman 09 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018,” Alotrop, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.33369/atp.v4i1.13693.

[18] R. Alyusfitri, N. Gistituati, Yerizon, A. Fauzan, and Yarman, “The Effectiveness and Relationship of Student Responses toward Learning Outcomes Using Interactive Multimedia-Based E-Modules in Elementary Schools,” Int. Electron. J. Elem. Educ., vol. 16, no. 5, pp. 573–584, 2024.

[19] R. Amaliyah and S. Handayani, “Model Cooperative Learning Tipe Question Student Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di Kelas V SDN-3 Petuk Katimpun,” EduMedia- J. Pendidik. Dasar Menengah, vol. 2, no. 1, pp. 68–81, 2024.

[20] A. C. Yusro and R. Ardania, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu,” 2023. doi: 10.37729/jips.v4i1.3109.

[21] J. Elfina, Y. Hala, and Herawati, “Implemtasi Model PjBL (Projek Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas X2 UPT SMA Negeri 10 Makassar,” 2023. [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5294/pdf

[22] L. Redasi, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 4, no. 3, pp. 296–301, 2021, doi: 10.23887/jlls.v4i3.40038.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.