Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV A Dilihat dari Karya Geguritan Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar
Abstract
Geguritan adalah warisan budaya Indonesia yang kini mulai terlupakan akibat percepatan modernisasi. Tidak hanya terbatas pada karya seni yang menikmati keindahannya, geguritan juga merupakan bahan pembelajaran bagi siswa. Proses penulisan geguritan tidak dapat dipisahkan dari kemampuan berpikir kritis, seperti dalam menuangkan ide, memilih kata-kata, menggunakan tata bahasa yang benar, dan sebagainya. Proses ini tentu tidak mudah bagi siswa, sehingga diperlukan penelitian untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis mereka dan kesulitan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dua teknik pengumpulan data, yaitu studi dokumentasi dan wawancara. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dan diuji validitasnya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV A SD Negeri Dukuhan Kerten Surakarta masih perlu dikembangkan, karena ada aspek yang belum tercapai secara optimal oleh siswa karena terkendala oleh keterbatasan kosakata. Oleh karena itu, sekolah diimbau untuk menyelenggarakan program untuk mendukung peningkatan kosakata Jawa siswa.
Keywords
References
Rohmah, N. B. (2021). Pelatihan Menulis dan Membaca Geguritan Sebagai Bentuk Apresiasi Terhadap Kebudayaan Jawa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 777–781. Razanah, M., & Solihati, N. (2022). Pentingnya Pembelajaran Menulis Puisi di sekolah di Era Society 5.0 Marini. Jurnal Literasi, 6(1), 244–250. Astuti, F. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83–99. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.47031 U. Fuadhiyah, E. D. Kurnia, and N. H. Insani. (2020). Sosialisasi dan Upaya Mengedukasi Masyarakat Muda pada Seni Sastra Jawa melalui Program Gurit on The Road- Gurit on Car Free day Oleh,” Semin. Nas. Pendidik. 2020 Pendidik. Seni Altern. di Era Millenial Berbas. Nilai-Nilai Luhur Nusant. http://sedesa.sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/Prosiding-Seminar-Nasional-Pendidikan-2020-Malang-1.pdf Widiandhieka, A. P. T., Winarni, R., & Daryanto, J. (2023). Analisis Permasalahan Proses Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Geguritan Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jpiuns.v9i1.72060 Wulandari, E. P., & Muthali’in, A. (2023). Kegiatan Literasi sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 183–192. Finken, M., & Ennis, R. H. (1993). Illonois Critical Thinking Essay Test (pp. 1–17). Febiyanti, R. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Sabang (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry). Zulaikha, F. I., & Setyowati. (2021). Pelatihan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Teknik Debat Bahasa Inggris bagi Guru SMA Bahasa Inggris Kabupaten Ciamis. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 236–241. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.5509 Bilqis, A., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas IV. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 437–448. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.628 April, V. N., & Dwi, C. (2024). Analisis Kesesuaian Judul dan Isi pada Puisi Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangsalsari. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 24-33 Prasetyo, A. P. (2021). Penguasaan Kosakata dalam Kemampuan Menulis Geguritan (Studi Kasus Siswa Kelas V SD Negeri Ngroto Bulukerto). Iswari, D. A., & Indihadi, D. (2021). Analisis Tipografi Tulisan Puisi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 652–662. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39235 Sari, P., & Sulanjari, B. (2022). Stilistika dalam Geguritan “Mung iki Kang Dak Duweni” Karya Eka Nuranisih. Kaloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, 1(1), 12-23. Kartikasari, M., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif “Tekat Baja” untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5052-5062.
Refbacks
- There are currently no refbacks.