Pengaruh media komik terhadap hasil belajar IPAS materi daerahku kebanggaanku kelas V SDN Se-Gugus Budi Utomo Mondokan

Riza Kurniawan, Siti Istiyati, Siti Istiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap hasil belajar IPS pada topik “Daerahku Kebanggaanku” pada siswa kelas V SDN Se-gugus Budi Utomo Mondokan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif Pre-Experimental Design dengan menggunakan pendekatan One Group Pre-test Post-Test. Dilakukan di tiga sekolah di gugus Budi Utomo, pengumpulan data menggunakan instrumen pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Penelitian ini menilai validitas instrumen melalui validitas tes, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data melibatkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-F. Hasil analisis menunjukkan F hitung sebesar 43,445, yang melampaui nilai F tabel sebesar 3,98, dengan tingkat signifikansi uji-F sebesar 0,001. Temuan ini menunjukkan bahwa F hitung jauh lebih tinggi daripada F tabel pada tingkat signifikansi 0,05, yang mengarah pada penolakan H0. Dapat disimpulkan dari analisis data bahwa media komik digital secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPAS untuk siswa kelas lima.

Keywords

Comic, learning outcomes, IPAS, fifth grade

References

R. M. Alti et al., Media Pembelajaran. 2022. [2] F. Andriyani dan N. N. Kusmariyatni, “Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 3, hal. 341, 2019, doi: 10.23887/jp2.v2i3.19282. [3] M. Ferania et al., “Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas 3 Sekolah Dasar,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 22, hal. 489–499, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.5281/zenodo.7350382. [4] P. Gunawan dan Sujarwo, “Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik,” J. Hist. Educ. Hist., vol. 6, no. 1, hal. 2022, 2022. [5] M. Gunawan, S.Pd.I. dan M. . Dr. Asnil Aidah Ritonga, “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INDUSTRI 4.0,” hal. 6, 2019. [6] R. Hera dan R. Oktavia, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Dengan Bantuan Media Komik,” J. Genta Mulia, vol. 14, no. 1, hal. 185–193, 2023. [7] A. S. Narestuti, D. Sudiarti, dan U. Nurjanah, “Penerapan Media Pembelajaran Digital Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik,” Bioedusiana J. Pendidik. Biol. Juni 2021, hal. 1–12, 2021. [8] M. Oktaviana dan S. P. Ramadhani, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 8, no. 1, hal. 48–56, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i1.1090. [9] H. Pagarra, A. Syawaluddin, W. Krismanto, dan Sayidiman, Media Pembelajaran. 2022. [10] D. E. Putra dan E. Hefni, “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta didik dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik,” J. Pendidik. Tembusai, vol. 6, no. 2, hal. 14942–14958, 2022. [11] A. M. Retta dan P. Ayurachmawati, “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATERI SUMBER ENERGI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III SD NEGERI 3 RAMBUTAN Pendahuluan Proses pembelajaran yang baik diharapkan terjadi agar pembelajaran yang berkualitas . Proses komunikasi prestasi antara pendidik dan yang ,” vol. 10, no. April, hal. 130–142, 2024. [12] E. Sulistyorini, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Peserta didik Kelas V Sd Berbasis Budaya,” Elem. J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 4, hal. 179–189, 2021, doi: 10.51878/elementary.v1i4.711. [13] Thessa Herdyana, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Bentuk Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD Negeri 101822 Pancurbatu,” Temat. J. Penelit. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, hal. 100–104, 2022, doi: 10.57251/tem.v1i1.518. [14] Umy Oktami Andini, Tio Gusti Satria, dan R. Angga Bagus K, “Pengembangan Media Komik Pada Materi Keragaman Budaya Peserta didik Kelas Iv Sd Negeri Trans Ciptodadi Musi Rawas,” LJSE Linggau J. Sci. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 67–78, 2022, doi: 10.55526/ljse.v2i2.221. [15] N. Wijayanti, A. Nurhasanah, dan F. F. Nugraha, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas Iv Sekolah Dasar,” J. Ilm. Aquinas, no. 2, hal. 124–133, 2023, doi: 10.54367/aquinas.v6i2.2677.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.