Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Realia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas V SD

Rista Nurcahyani, Fadhilah Khairani, Miranda Abung, Erni Erni

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas pada pelajaran IPAS kelas V. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik serta perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol pada pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 10 Tegineneng. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampel jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 46 peserta didik yang berasal dari dua kelas yaitu VA dan VB. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil analisis uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model problem-based learning berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 10 Tegineneng. Analisis uji t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords

kemampuan berpikir kritis; media realia; problem based learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.