Penggunaan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika peserta didik di sekolah dasar

Linda Oktavia, Frida Destini, Yoga Fernando Rizqi, Rapani Rapani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Populasi berjumlah 64 siswa, dengan sampel sebanyak 43 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan tujuan atau pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri 4 Metro Utara, terbukti dari Fhitung > Ftabel yaitu 77,323 > 4,38.

Keywords

learning outcomes; mathematic; student teams achievement division (STAD)

References

[1] Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., dan Syaza Kani Putri, Y. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. [2] Nainggolan, DH, Sidabalok, NE, dan Aritonang, E. 2022. Pengaruh Kebiasaan Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika. Bahasa Elektrik: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. [3] Pradilasari, L., Gani, A., dan Khaldun, I. 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. [4]Isnanto, dan Hamu, MA 2022. Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(1). [5] Mirdad, J. 2020. Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Indonesia Jurnal Sakinah : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14–23 [6] Octavia, SA 2020. Model-model Pembelajaran. Sleman: Publikasikan lebih dalam. [7] Suryana, YR, Somadi, TJ, dan Pasundan, U. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II(2) [8] Ningsih, EM 2022. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Media Lks Dan Quiziiz Serta Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 3(9), 177–200 [9] Amelia, E., Attalina, SNC, dan Widiyono, A. 2022. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5). [10] Evelina, S., Depari, B., Mahulae, S., Sipayung, R., dan Silaban, PJ 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4). [11] Faizah, SN, Dina, LNAB, Sutadji, E., Hayati, EN, dan Mashfufah, A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Roda Pintar Berkantong Terhadap Hasil Belajar Matematika. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 1–11. [12] Pane, FD, Nurmayani, Simanjuntak, S., Manurung, IFU, dan Prawijaya, S. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V TA 2023/2024. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 02(01) [13] Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Grup Media Prena. [14] Wulandari, I. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1). [15] Sulistiowati, E. 2016. Hubungan Antara Pemberian Penghargaan Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Di Sd Gugus Ahmad Yani Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Skripsi). Fkip, Universitas Negeri, Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.