Impelementasi model discovery learning berbasis media educandy terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
[1] Rahman, R., & Fuad, M. 2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
[2] Nurwahidin, M., Pangestu, D., Pratama, M. J., & Habibi, R. K. 2023. Model Pembelajaran Discovery Learning Kurikulum Merdeka Belajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i02
[3] Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 659–663. https://doi.org/http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
[4] Andra, M. H., Koeswantu, H. D., & Radia, E. H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 25–33. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i1.28860
[5] Wulandari, M. (2025). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS bagian tumbuhan dan fungsinya pada PDBK Tunagrahita fase B di SLBN Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Indonesia (Junal Ilmiah Pendidikan), 11, 51–55.
[6] Khotimah, N. F. H., Atharina, F. P., & Budiman, M. A. 2023. Penggunaan Media Educandy Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 6 Boja. IJES : International Journal of Elementary Scholl, 3(125), 156–166. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.16986
[7] Kholfadina, K., & Mayarni. 2022. Penggunaan educandy dan dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259–265. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.49503
[8] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
[9] Sartika, S. B. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Widina Bhakti Persada, Bandung.
[10] Viastuti, R., Poerwanti, J. I. S., & Chumdari. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran ipas kelas iv sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria Guru, 12(5), 370–374.
[11] Syamsidah, Jusniar, Ratnawati, & Muhiddin, A. 2024. Model Discovery Learning. Deepublish, Yogyakarta.
[12] Sekarsari, F. D. F. P., Wicaksono, A. G., & Sarafuddin. 2023. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 3(1), 213–225. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.648
[13] Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. 2023. Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantu educandy terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234–246. https://doi.org/10.60132/edu.v1i2.149
[14] Pitri, A., Rini, R., & Mustakim, E. 2018. Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Journal of Education Action Research 6(5), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960%2Fpedagogi.v6i5.15590
[15] Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18
Refbacks
- There are currently no refbacks.





