Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Yasmin Nur Masyithah, Retno Winarni

Abstract

Abstrak . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III SDN 03 Nangsri melalui penggunaan media flashcard . Keterampilan bercerita merupakan bagian dari keterampilan berbicara yang esensial dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal, keterampilan bercerita siswa masih tergolong rendah, hanya 13,63% siswa yang mencapai ketuntasan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan bercerita. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 45,45%, dan pada siklus II mencapai 86,36%, melampaui kinerja indikator yang ditetapkan sebesar 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media flashcard efektif dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Media ini mampu memberikan rangsangan visual yang menarik, membantu siswa dalam menyusun cerita secara terstruktur, dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berbicara. Dengan demikian, pemanfaatan media flashcard dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara khususnya keterampilan bercerita di sekolah dasar.

 

Keywords

storytelling skills, flashcard media, speaking skills, elementary school, classroom action research.

References

[1] A. Putri, R. N. Rambe, I. Nuraini, Lilis, P. R. Lubis, and R. Wirdayani, “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi,” J. Pendidik. dan Sastra Ingg., vol. 3, no. 2, pp. 51–62, 2023, doi: 10.55606/jupensi.v3i2.1984.

[2] D. A. A. Nikmah, A. Setyawan, and T. Citrawati, “Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2,” Pros. Nas. Pendidik. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, pp. 618–625, 2020.

[3] S. W. Saputri, “Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris,” ABDIKARYA J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 56–61, 2020, doi: 10.47080/abdikarya.v2i1.1061.

[4] W. E. Lestari, H. Hartono, and K. Karsono, “Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SDN Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020,” Digilib Univ. Sebel. Maret, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2020.

[5] Y. B. D. Cahyono, Riyadi, and Hadiah, “Analisis keterampilan bercerita berbasis video peserta didik kelas v sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, no. 449, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/51595%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/51595/35230

[6] V. Septidear, “Pemanfaatan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita,” PENDAGOGIA J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021.

[7] A. D. Juliana, I. Nurasiah, and A. E. Wardana, “Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter Di Kelas Tinggi,” J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 1–12, 2019.

[8] D. N. Fadillah, R. Winarni, and J. Daryanto, “Analisis keterampilan bercerita pada materi cerita rakyat bahasa jawa kelas iv sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.20961/jpiuns.v8i2.60530.

[9] U. Sulung and M. Muspawi, “Memahami Sumber Data Penelitian : Primer, Sekunder, dan Tersier,” J. Edu Res. Indones. Inst. Corp. Learn. Stud., vol. 2, no. 2, pp. 28–33, 2021.

[10] R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.

[11] M. S. Kurniawan, O. Wijayanti, and S. Hawanti, “Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 65–73, 2020, doi: 10.30595/.v1i1.7933.

[12] N. Mustafafi, S. Utamaningsih, and F. Amaliyah, “Analisis Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Unggulan Muslimat Nu Kudus,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 04, pp. 632–644, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i04.1593.

[13] D. Nurhanifah, A. Rachman, and A. R. Agusta, “Strategi Efektif dalam Mengembangkan Kemampuan Anak Menceritakan Kembali Cerita yang Didengar,” J. Inov., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2024.

[14] Riska, A. Azis, and Traman, “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 389–401, 2024, doi: 10.51574/jrip.v4i1.1405.

[15] L. Hayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard di Sekolah Dasar,” J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2769–2775, 2021, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012

[16] D. Rahmayanti, Safruddin., and H. Setiawan, “Pengaruh Pemanfaatan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 7 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020,” Pedgogia J. Pendidik. dasar, vol. 1, no. 1, pp. 25–33, 2021.

[17] K. L. Putri, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas V SD N Gumpang 3,” Didakt. Dwija Indria, vol. 8, no. 4, pp. 24–29, 2020, doi: 10.20961/ddi.v8i04.39825.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.