Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media pembelajaran boneka tangan peserta didik sekolah dasar

Rika Wahyuningsih, Retno Winarni

Abstract

Abstrak. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa dasar yang digunakan untuk menyampaikan pikiran dan pendapat secara lisan kepada orang lain. Keterampilan berbicara merupakan salah satu faktor penting yang harus dikuasai oleh siswa. Siswa kelas III SDN 1 Lanjaran memiliki keterampilan berbicara yang rendah. Permasalahan ini harus menjadi perhatian khusus yang harus ditingkatkan oleh guru kelas III dalam pembelajaran. Penggunaan media boneka tangan dapat membantu guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III. Media boneka tangan merupakan media pembelajaran yang digunakan seperti benda tiruan dalam cerita atau percakapan dengan menggunakan jari sebagai penggeraknya dan terbuat dari kain. Rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas III SDN 1 Lanjaran menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini memiliki dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali. Penelitian ini digunakan untuk memperbaiki keterampilan berbicara siswa kelas III yang masih rendah. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kedua siklus penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan pencapaian keterampilan penyajian siswa dari siklus I 77,4% menjadi 84,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 1 Lanjaran.

Keywords

Speaking Skills; Hand Puppet Media

References

[1] J. Nasution, “Analisis dukungan Bahasa Indonesia Bagi Pelajar Di Samsifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa,” Medan Makna J. Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, vol. 17, tidak. 2, hal. 111, 2019, doi: 10.26499/mm.v17i2.2134. [2] T. Champion, C. Gamble, S. Shennan, dan A. Whittle, “Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2,” Prehist. Euro., jilid. 3, hal.184–206, 2020, doi: 10.4324/9781315422138-8. [3] I. Supriyati, “Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu,” vol. 5, tidak. 1, 2020. [4] BIL Santy, IN Nyoman Karna, and H. Setiawan, “Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Tahun Ajaran 2020-2021,” Rencana Pendidikan Dasar, vol. 2, tidak. 2, hal. 139–145, 2022. [5] A. Hidayati, “Peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan komunikatif kelas v sd padurenan ii di bekasi tahun pelajaran 2016/2017,” vol. V, tidak. 2, 2018. [6] EP Permana, “Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk,” vol. 2, tidak. 2, hal. 133–140, 2015. [7] DP Lestari, “Pengaruh Model Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Kelas IV SD Negeri Surodadi 3 Candimulyo,” Pros. Universitas. Res. Kolok., hal. 1152–1163, 2021, [Online]. Tersedia: http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/1897/1862 [8] N. Yuniati, S. Suhartiningsih, dan Z. Finali, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas II SDN Karangrejo 04 Jember,” J. Edukasi, vol. 8, tidak. 1, hal. 1, 2021, doi: 10.19184/jukasi.v8i1.23966. [9] RY Krisanti, S. Suprihatien, dan DY Suryarini, “Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, jilid. 2, tidak. 02, hal. 24 Agustus 2020, doi: 10.30742/tpd.v2i2.918. [10] A. Sa'adah and V. Liansari, “Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin,” Emergent J. Educ. Penemuan. Belajar Seumur Hidup., vol. 2, tidak. 2, hal. 8, 2024, doi: 10.47134/emergent.v2i2.22. [11] DA Anbarwati, F. Hilmiyati, dan O. Farhurohman, “Pengembangan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa,” Al-Mudarris (Jurnal Ilmu. Pendidikan. Islam., vol. 4, no. 2, hlm. 153–166, 2021, doi: 10.23971/mdr.v4i2.3608. [12] U. Khoir and S. Hariani, “Penggunaan Media Boneka Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar,” Jpgsd, vol.02, no.03, pp.1–11, 2018. [13] Jakni, Penelitian Tindakan Kelas Ilmu-ilmu Keislaman,” vol.9, hlm.49–60, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.