Analisis fase pondasi kematangan kognitif dalam penjumlahan matematika kelas 1 dengan media matific SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi tahun 2024/2025

Kezia Marvela Febriyanti, Peduk Rintayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pemahaman konsep penjumlahan peserta didik kelas 1 SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi setelah menggunakan media Matific, dilihat dari tahapan perkembangan kognitif, 2) mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas 1 SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi dalam menyelesaikan soal penjumlahan setelah menggunakan media Matific, dilihat dari tahap perkembangan kognitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif kuantitatif atau mixed method dengan menggunakan media Matific yang terdiri dari tiga tahap: 1) persiapan lapangan, 2) pelaksanaan lapangan, dan 3) analisis data. Indikator yang digunakan adalah indikator miskonsepsi dan indikator kognitif, peneliti menggunakan kedua indikator ini dan mengkaitkannya dengan keempat tahapan dari Taksonomi Bloom (mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis). Instrumen penelitian diperuntukkan untuk peserta didik sekolah dasar kelas 1 dengan lima informan. Instrumen yang diberikan telah divalidasi isi oleh para ahli. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penggunaan media Matific di SD Kristen Widya Wacana Pasarlegi membantu meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bagi peserta didik kelas 1 secara signifikan, 2) kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal penjumlahan mengalami peningkatan setelah menggunakan Matific.

References

Taukhida, I., Setyioarini, M., Azizah, J., Rohmah, S., & Harris, T. (2024). Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD yang Menyenangkan untuk Guru PAUD dan SD di Kabupaten Pasuruan. Journal Educatione, 1(2).

Kebudayaan, R. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahman, S. A. (2024). The Effect of" Matific" Platform on Preschool Students' Academic Performance in Mathematics. International Journal of Technology in Education and Science, 8(3), 376-398.

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779-5794.

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 (1), 586-595.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.

Gusteti, M. U. (2024). Era Digital dalam Kelas Matematika: Menggabungkan Teknologi dengan Alat Peraga Tradisional. Mega Press Nusantara.

Surya, A. (2019). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22–26.

Gunardi ari, Wijaya sastra, I. I. (2022). Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas 1 SDN Cilaku Kecamatan Curug Serang – Banten. Https://Medium.Com/, 3(02), 1–2.

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.

Dewi, M. S. A. (2022). Analisis miskonsepsi anak sekolah dasar dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2477-2482

Carter. W.K. 2009. Akuntansi Biaya: Cost Accounting, Buku 2, Edisi 14. Salemba Empat.

Sokhivah, S. (2021). Evaluasi dan indikator keberhasilan program intervensi sosial untuk perubahan. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 1-9.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.