Analisis peran pendidik dalam meningkatkan kesadaran anti korupsi peserta didik di sekolah dasar

Muhammad Rizal Habib, Ryzal Perdana, Dayu Rika Perdana

Abstract

Korupsi merupakan masalah serius yang merusak berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Meski telah dilakukan berbagai upaya, kesadaran antikorupsi di kalangan peserta didik masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana pendidik membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai antikorupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pendidik dan peserta didik, serta analisis dokumen. Lokasi penelitian di SDIT Wahdatul Ummah Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi melalui berbagai metode, seperti integrasi nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran, memberikan contoh konkrit, serta diskusi kasus dan refleksi. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi antara lain rendahnya kesadaran peserta didik akan pentingnya disiplin waktu, kecenderungan pamer, dan keberanian keberanian menegur teman yang melakukan pelanggaran ringan. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dan pendekatan yang berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai antikorupsi pada kalangan peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.