Perencanaan pembelajaran di sekolah dasar: tinjauan teoretis tentang prinsip, urgensi, dan faktor penentu keberhasilan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Usman, PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN Kunci Inovasi dan Kolaborasi Pendidik. 2024. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
A. W. Estari, “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran,” Work. Nas. Penguatan Kompetensi Guru Sekol. Dasar SHEs Conf. Ser., vol. 3, no. 3, pp. 1439–1444, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/shes
A. and Subagyo and I. Kristian, METODE PENELITIAN KUALITATIF, no. Mei. 2023. [Online]. Available: http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
J. Kurniawati, “Definisi Perencanaan Pembelajaran,” Res. Net, pp. 1–4, 2021.
A. Rahayu, A. Nursalim, and A. Fitri, “Hakikat Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,” PENTAS J. Ilm. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 7, no. 1, pp. 36–48, 2021.
D. Pratiwi, U. Syarofah, and K. A. Najib, “Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Matematika SD Negeri 2 Nusa Raya,” JUPERAN J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 04, no. 01, pp. 43–52, 2025.
I. P. Widyanto and E. T. Wahyuni, “Implementasi Perencanaan Pembelajaran,” Satya Sastraharing, vol. 04, no. 02, pp. 16–35, 2020.
S. Putrianingsih, A. Muchasan, and M. Syarif, “Peran Perencanaan Pembelajaran terhadap Kualitas Pengajaran,” Inovatif, vol. 7, no. 1, pp. 206–231, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/211/120
UNESA, “Pengertian Perencanaan Pembelajaran, Prinsip, Karakteristik, Manfaat, dan Fungsinya,” [Online]. [Online]. Available: https://pendidikan-matematika.fmipa.unesa.ac.id/post/pengertian-perencanaan-pembelajaran-prinsip-karakteristik-manfaat-dan-fungsinya#:~:text=Prinsip
A. Santika, I. Ahmad, and N. Muniroh, “Implementasi Inovasi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam,” J. Stud. Islam MULTIDISIPLIN, vol. 1, no. 1, pp. 38–56, 2023.
H. et al Sumual, “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Inovasi Pendidikan,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 2, pp. 2590–2599, 2024.
Hasmawaty, A. Saman, Syamsuardi, Rusmayadi, E. Ruswiyani, and Sadaruddin, “Refleksi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas,” Madaniya, vol. 5, no. 2, pp. 305–311, 2024, doi: 10.53696/27214834.745.
A. M. F. Shodiq and D. Darmawan, “Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama,” IHSANIKA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 1, pp. 292–307, 2025.
Dina Lestari, Risma Ayu Anjali Pratama, and Silviana Dwi Anggraeni, “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta,” Dharma Acariya Nusant. J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 101–113, 2023, doi: 10.47861/jdan.v1i1.261.
A. I. F. Zahro and D. M. Navisa, “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di SD Nurul Hikmah Babat,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 8, no. 1, pp. 128–133, 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.