Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran IPAS

amanda nonisa, Fadhilah Khairani, Miranda Abung, Sowiyah Sowiyah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum terbiasa berpikir kritis dan pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur yang berjumlah 47 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS SD Negeri 1 Metro Timur.

Kata Kunci: berpikir kritis, media audiovisual, pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.