Pengaruh model pembelajaran make a match dan minat belajar terhadap keterampilan menulis pantun kelas v sd negeri se-kecamatan ngadirojo
Abstract
Keywords
References
[1] Hariyadin and Nasihudin, “Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 733–743, 2021.
[2] E. A. Sumitro and H. Rizqi, “Pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gapura Kabupaten Sumenep,” J. Pendidik. Bhs., vol. 12, no. 1, pp. 106–123, 2023, doi: 10.31571/bahasa.v12i1.5713.
[3] F. N. S. Utami, R. Winarni, and M. I. Sriyanto, “Analisis pembelajaran menulis puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 11, no. 6, p. 43, 2023, doi: 10.20961/ddi.v11i6.77086.
[4] Y. Yusrumaida, “Penerapan Teknik Mind Maps dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa,” J. Educ. Action Res., vol. 5, no. 4, p. 472, 2021, doi: 10.23887/jear.v5i4.12345.
[5] M. Y, Hakikat keterampilan berbahasa keterampilan berbahasa indonesia SD. Universitas Terbuka, 2015.
[6] Dhiva Maulida Rizqi Nur’aini and I. Nurrahmah, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Metode Kooperatif Grup Investigasi Siswa Kelas Viiie Smp N 1 Simo, Boyolali,” WIDYA Didakt. - J. Ilm. Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.54840/juwita.v1i1.1.
[7] H. Rohimah, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar,” Bul. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 101–107, 2023, doi: 10.56916/bip.v2i1.442.
[8] N. A. Sholihah, S. Y. Slamet, and L. Lestari, “Pengaruh model pembelajaran think talk write (ttw) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun pada kelas IV SD,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 5, 2022, doi: 10.20961/ddi.v9i5.47178.
[9] U. Sugara, S. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Hubungan antara penguasaan literasi sastra dan minat belajar dengan kemampuan menulis cerita anak pada peserta didik kelas iv sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 4, pp. 5–10, 2021, doi: 10.20961/ddi.v9i5.48714.
[10] A. Nursyam, “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Ekspose J. Penelit. Huk. dan Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 811–819, 2019, doi: 10.30863/ekspose.v18i1.371.
[11] K. Wiradarma, N. Suarni, and N. Renda, “Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 9, no. 3, p. 408, 2021, doi: 10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
[12] T. Nabillah and A. P. Abadi, “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. Sesiomadika 2019, vol. 2, no. 1, p. 659, 2019, [Online]. Available: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
[13] S. N. Laela, “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris,” INFERENCE J. English Lang. Teach., vol. 3, no. 1, p. 47, 2021, doi: 10.30998/inference.v3i1.6010.
[14] B. S. S. Kusuma, F. Y. R. Rosita, and H. Lestari, “Implementasi Model Pembelajaran Make-a-Match Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas Iv Di Min 1 Ponorogo,” Ibriez, J. kepebdidikan Dasar Islam Berbas. Sains, vol. 8, no. 1, pp. 121–132, 2023.
[15] R. D. K. Sari and M. Arifin, “Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6,” Model. J. Progr. …, vol. 9, pp. 281–291, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1206%0Ahttps://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/1206/732
[16] Elsa Yunda Septiany, “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sdn Tisnonegaran 3 Kota Probolinggo,” Inventa, vol. 6, no. 2, pp. 131–140, 2022, doi: 10.36456/inventa.6.2.a5949.
[17] H. Fauhah and B. Rosy, “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9, no. 2, pp. 321–334, 2020, doi: 10.26740/jpap.v9n2.p321-334.
[18] D. Lestari, “Analisis Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar,” no. 3, 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.