PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA SMKN 2 DEPOK MENGGUNAKAN METODE GALLERY WALK BERBANTUAN PADLET
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa SMKN 2 Depok dalam menulis teks prosedur khususnya prosedur kompleks sesuai dengan karakteristik jurusan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa SMKN 2 Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI SIJA berjumlah 36 siswa. Data penelitian diambil dari lembar observasi proses pembelajaran dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks prosedur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian memperoleh proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks menggunakan metode gallery walk berbantuan media padlet dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif. Pada siklus I memperoleh rata – rata hasil menulis sebesar 76 denan persentase 42% dan siklus II memperoleh rata – rata hasil menulis sebesar 85,07 dengan persentase 75%. Dari penggunaan metode tersebut adanya peningkatan dalam keterampilan menulis teks prosedur kompleks siswa sebelum dan setelah dilakukan tindakan sebesar 18,07 dengan persentase 21 %.
Keywords
Peningkatan Keterampilan menulis teks prosedur, Media Padlet, Metode Gallery Walk
Refbacks
- There are currently no refbacks.