Author Guidelines
PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL
JURNAL “BASASTRA”
Ketentuan penulisan artikel Jurnal BASASTRA adalah sebagai berikut:
- Artikel ditulis berdasarkan hasil penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau majalah lain.
- Artikel yang berasal dari penelitian kelompok dapat ditulis dengan dua cara: (a) seluruh anggota kelompok dapat menjadi penulis bersama, atau (b) ditulis atas nama seorang anggota kelompok, tetapi atas persetujuan anggota kelompok yang lain.
- Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang artikel antara 12-18 halaman, diketik dalam kertas ukuran A-4, spasi 1,5, huruf Times New Roman ukuran 12.
- Artikel dikirimkan dalam bentuk soft file dan dilampiri biodata penulis.
- Artikel disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:
PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)
Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)
Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)
Format Artikel
JUDUL
Nama penulis (tanpa gelar akademik)
Abstract
Keywords
Abstrak
Kata kunci
PENDAHULUAN
METODE
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
SIMPULAN
Ucapan terima kasih (bila diperlukan)
DAFTAR PUSTAKA
Ketentuan susunan dan isi artikel adalah sebagai berikut:
Artikel ditulis dengan rambu-rambu sebagai berikut: (a) judul, panjang judul antara 8 hingga 15 kata, (b) nama penulis dan nama instansi, nama penulis tanpa disertai gelar dan diikuti nama instansi serta alamat korespondensi atau e-mail, (c) abstrak; abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesaia, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 200 kata yang disajikan dalam satu paragraf; (d) kata kunci; kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia antara 3 hingga 5 kata kunci yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak, (e) pendahuluan; pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka, (f) metode penelitian, (g) hasil penelitian; hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel/gambar; di dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian, (h) pembahasan, menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan penting penelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan, (i) simpulan dan saran; kesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu, (j) daftar pustaka; daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh di bawah ini.
Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka adalah sebagai berikut:
(Referensi acuan yang digunakan minimal 15 sumber acuan, dengan 60% Jurnal ilmiah nasional maupun internasional)
1. Pustaka dari Jurnal Ilmiah
Sumarwati & Purwadi. (2010). Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 17 (1), 1-14.
Farrokhi, F., Ansarin, A.A., & Mohammadnia, Z. (2008). Preemptive “Focus on Form”: Teachers’ Practices across Proficiencies. The Linguistics Journal, 3 (2), 123-137.
2. Pustaka dari Majalah
Taufik, A. (2009, 9 -15 Februari). Bahasa: Mencari Habib Sejati. TEMPO, 3751, 64.
3. Pustaka berkala berupa artikel surat kabar
Somantri, G.R. (2011, 15 Oktober). Menyoal Otonomi Perguruan Tinggi, KOMPAS, hlm. 7.
Koran TEMPO. (2011, 22 Oktober). Kemampuan Baca Orang Indonesia Rendah. hlm. 14.
4. Pustaka berupa buku
Hidayatullah, M.F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (Fifth Edition). Boston: Pearson Education Inc.
5. Pustaka dari artikel dalam buku kumpulan artikel (ada editornya)
Gibbons, A.S., McConkie, Seo, K.K., & Miley, D.A.. (2009). Simulation Approach to Instruction. Dalam C.M. Reigeluth & A.A. Carr-Chellman (Eds.), Instructional-Design Theories and Models Volume III: Building a Common Knowledge Base. New York: Routledge. hlm. 167-193.
6. Pustaka berupa karya terjemahan
Spradley, J.P. (2007). Metode Etnografi. Terj. M.Z. Elisabeth. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.
Freire, P. & Illich, I. (2004). Menggunggat Pendidikan. Terj. Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
7. Pustaka berupa proceeding pertemuan atau simposium
Sajidan, Sukarmin, & Sugiharto, B. (Ed.). (2011). Internalisasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Kerpibadian Pendidikan dan Peserta Didik. Proceeding Seminar Nasional FKIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
8. Pustaka berupa makalah dalam pertemuan ilmiah atau simposium
Sumarwati. (2010, November). Unsur Linguistik dan Wacana: Memengaruhi Kompleksitas Soal Cerita Matematika? Makalah dipresentasikan pada Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXII, Yogyakarta.
9. Pustaka berupa skripsi, tesis, disertasi
Nuraini, Siti. (2008). Kesalahan Bahasa dalam Karangan Siswa SMP Negeri 1 dan 2 Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
10. Pustaka berupa dokumen negara
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2006). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
11. Pustaka Berupa Artikel Jurnal Online
Utami, S. (2010). Konteks, Acuan, dan Pasrtisipan Disfemisme pada Ujaran Siswa SMP Negeri 3 Ungaran. Jurnal Penelitian Humaniora [online], 11 (1), 1-17. Diperoleh 26 Maret 2011 dari http://docs.ums.ac.id/1718/1/1.
Reardon, S.F. & Galindo, C. (2009). The Hispanic-White Achievement Gap in Math and Reading in the Elementary Grades. American Educational Research Journal, 46 (3), 853 – 891. Diperoleh 13 April 2011 dari http://aerj.aera.net.
Galloway, A. & Hird, B.. (2003). Communicative Language Teaching: An Introduction and Sample Activities. ERIC Digest. [Online] Diperoleh 10 Januari 2011 dari http://www.ericdigests.org/ 2003/sample.htm (June, 2003).
12. Pustaka Berupa Artikel Surat Kabar Online
TEMPO Interaktif. (2011, 17 Oktober). Belajar Mendongeng bagi Calon Guru. Diperoleh 18 Oktober 2011 dari http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/17/brk, 20111017-361691,id.html.
Template Jurnal Basastra dapat diunduh dengan mengkilk ikon Journal Template (ikon Ms. Word) yang terletak di depan sebelah kanan Anda