Announcements

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

JURNAL “BASASTRA”

 

Ketentuan penulisan artikel BASASTRA adalah sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis berdasarkan hasil penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau majalah lain.

  2. Artikel yang berasal dari penelitian kelompok dapat ditulis dengan dua cara: (a) seluruh anggota kelompok dapat menjadi penulis bersama, atau (b) ditulis atas nama seorang anggota kelompok, tetapi atas persetujuan anggota kelompok yang lain.

  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang artikel antara 15-20 halaman, diketik dalam kertas ukuran A-4, spasi 1,5, huruf Times New Roman ukuran 12.

  4. Artikel dikirimkan dalam bentuk print-out dan soft file (disket) dan dilampiri biodata. 

  5. Artikel disertai judul pada masing-masing bagian artikel.  Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

    PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

    Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

    Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

     

  6. Format Artikel

JUDUL

Nama penulis (tanpa gelar akademik)

             Abstract

             Keywords

             Abstrak

             Kata kunci

             PENDAHULUAN

             METODE  

             HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

             SIMPULAN

      Ucapan terima kasih (bila diperlukan)

      DAFTAR PUSTAKA

 

  1. Artikel ditulis dengan rambu-rambu sebagai berikut: (a) judul, panjang  judul antara 8 hingga 15 kata, (b) nama penulis dan nama instansi, nama penulis tanpa disertai gelar dan diikuti nama instansi serta alamat korespondensi atau e-mail, (c) abstrak; abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesaia, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 200  kata yang disajikan dalam satu paragraf; (d) kata kunci; kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia antara 3 hingga 5 kata kunci yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak, (e) pendahuluan; pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka, (f) metode penelitian, (g) hasil penelitian; hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel/gambar; di dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian, (h) pembahasan,  menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan penting penelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan, (i) simpulan dan saran; kesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu, (j) daftar pustaka; daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh di bawah ini.

     

    Pustaka dari Jurnal Ilmiah

    Sumarwati & Purwadi. (2010). Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca   untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif.  Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,  17 (1),  1-14.

     

    Farrokhi, F., Ansarin, A.A., & Mohammadnia, Z. (2008). Preemptive “Focus on Form”: Teachers’ Practices across Proficiencies. The Linguistics Journal, 3 (2),  123-137.

     

    Pustaka dari Majalah

    Taufik, A. (2009, 9 -15 Februari). Bahasa: Mencari Habib Sejati. TEMPO, 3751, 64.

     

     Pustaka berkala berupa artikel surat kabar

     Somantri, G.R. (2011, 15 Oktober). Menyoal Otonomi Perguruan Tinggi, KOMPAS,  hlm. 7.

     

          Koran TEMPO. (2011, 22 Oktober). Kemampuan Baca Orang Indonesia Rendah. hlm. 14.

     

          Pustaka berupa buku:

    Hidayatullah, M.F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

     

    Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (Fifth Edition). Boston: Pearson Education Inc.

No announcements have been published.