Artikel ditulis dengan rambu-rambu sebagai berikut: (a) judul, panjang judul antara 8 hingga 15 kata, (b) nama penulis dan nama instansi, nama penulis tanpa disertai gelar dan diikuti nama instansi serta alamat korespondensi atau e-mail, (c) abstrak; abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesaia, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 200 kata yang disajikan dalam satu paragraf; (d) kata kunci; kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia antara 3 hingga 5 kata kunci yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak, (e) pendahuluan; pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka, (f) metode penelitian, (g) hasil penelitian; hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel/gambar; di dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian, (h) pembahasan, menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan penting penelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan, (i) simpulan dan saran; kesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu, (j) daftar pustaka; daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh di bawah ini.
Pustaka dari Jurnal Ilmiah
Sumarwati & Purwadi. (2010). Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 17 (1), 1-14.
Farrokhi, F., Ansarin, A.A., & Mohammadnia, Z. (2008). Preemptive “Focus on Form”: Teachers’ Practices across Proficiencies. The Linguistics Journal, 3 (2), 123-137.
Pustaka dari Majalah
Taufik, A. (2009, 9 -15 Februari). Bahasa: Mencari Habib Sejati. TEMPO, 3751, 64.
Pustaka berkala berupa artikel surat kabar
Somantri, G.R. (2011, 15 Oktober). Menyoal Otonomi Perguruan Tinggi, KOMPAS, hlm. 7.
Koran TEMPO. (2011, 22 Oktober). Kemampuan Baca Orang Indonesia Rendah. hlm. 14.
Pustaka berupa buku:
Hidayatullah, M.F. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods (Fifth Edition). Boston: Pearson Education Inc.