CERITA RAKYAT ANAK DURHAKA RAWANG TAKULUAK DARI PROVINSI RIAU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA

Ratmiati Ratmiati, Sri Antoni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur intrinsik dan nilai pendidikan pada cerita rakyat anak durhaka Rawang Takuluak. Hal ini dilakukan sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di sekolah. Cerita Rakyat umumnya memiliki nilai Pendidikan yang baik untuk dijadikan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman yang terdiri atas (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Pada tahap pengumpulan data, dilakukan hal-hal berikut: (1) membaca cerita rakyat Rawang Takuluak, (2) menganalisis unsur intrinsik, (3) menyusun bahan ajar, (4) mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang bahan ajar berupa angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa unsur intrinsik yang meliputi: alur, tokoh, latar, tema, dan amanat. Data nilai Pendidikan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (a) memiliki rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) jika memiliki harta yang berlimpah jangan pernah melupakan kedua orangtua. Setelah pengumpulan data melalui angket kepada siswa maka diperoleh jawaban bahwa Cerita rakyat Rawang Takuluak dikategorikan baik dan layak dijadikan alternatif bahan ajar pada pembelajaran apresiasi sastra.

Keywords

Cerita Rakyat; Anak Durhaka; Rawang Tangkuluak; Bahan Ajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.