PENGARUH METODE CIRC BERBASIS APLIKASI ROMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA SMP

Dwiana Nur Rizki Hanifah, Sumarwati Sumarwati, Raheni Suhita

Abstract

Kemampuan menulis cerita pendek siswa dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dalam belajar, minimnya penguasaan kosa kata, maupun kesulitan dalam memilih diksi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1)  pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis cerpen, (2) pengaruh penggunaan aplikasi Roman terhadap kemampuan menulis cerpen, (3) mengetahui interaksi pengaruh penggunaan model CIRC dan aplikasi Roman terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Kedua, tidak ada pengaruh penggunaan Aplikasi Roman terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Ketiga, tidak ada interaksi pengaruh penggunaan model CIRC dan Aplikasi Roman terhadap kemampuan menulis cerpen siswa.

Keywords

aplikasi roman; menulis cerpen; model pembelajaran; pembelajaran circ

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.