TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 JAKEN, KABUPATEN PATI
Abstract
Jenis tindak tutur yang dominan dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memetakan jenis tindak tutur direktif guru dan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Jaken..Penelitian dilakukan dengan pendekatan pragmatik. Sumber datanya adalah tuturan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, catat, rekam. Peneliti tidak terlibat dalam proses interaksi pembelajaran.Teknik uji validitas yang diterapkan adalah triangulasi teori dan metode. Adapun analisis data dilakukan teknik analisis mengalir yang meliputi kegiatan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan direktif yang sering digunakan oleh guru adalah menyuruh. Jenis tuturan direktif yang digunakan adalah tuturan langsung bermodus imperatif dan efek yang ditimbulkan adalah efek positif mendorong.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.