DISKRIMINASI PEREMPUAN DALAM NOVEL KIM JI-YEONG LAHIR TAHUN 1982 DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Abstract
Fenomena diskriminasi gender yang tumbuh di masyarakat kerap diproyeksikan ke dalam karya sastra. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk diskriminasi gender, faktor pemengaruh diskriminasi gender, dan solusi meminimalkan tindak diskriminasi gender novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-joo serta pemanfaatan hasil analisis tersebut dalam pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan penelitian ini adalah sastra feminis. Sumber data penelitian berupa dokumen novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 dan informan yaitu pembaca novel tersebut, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta siswa kelas XI SMA.. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu teknik analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data yaitu teknik triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data adalah analisis mengaliryang meliputi reduksi, display data, dan kesimpulan.. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) lima bentuk diskriminasi gender dalam novel Kim Ji- yeong Lahir Tahun 1982, yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban ganda; (2) faktor pemengaruh diskriminasi gender adalah adanya konstruksi biologis (kondisi fisik dan psikis) dan konstruksi budaya (patriarki); (3) solusi untuk meminimalkan tindak diskriminasi gender antara lain upaya peningkatan kesadaran dan pengetahuan pribadi, dukungan keluarga, orang-orang terdekat, dan masyarakat sekitar, adanya konseling berbasis gender, serta peran serta komunitas terkait; dan (4) hasil kajian novel Kim Ji-yeong Lahir Tahun 1982 dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran resensi novel kelas 11 SMA karena selain sebagai suatu inovasi, peserta didik juga memperoleh wawasan tentang kesetaraan gender.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.