POSTER DIALOG EDUKASI COVID-19 DALAM INSTAGRAM KEMENTERIAN KESEHATAN: ANALISIS TEKSTUAL

Lutfi Anggoro Asih, Ani Rakhmawati, Chafit Ulya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahamaan masyarakat dalam memahami sebuah wacana, khususnya tentang pencegahan dan penanganan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk analisis wacana tekstual dalam dialog poster edukasi Covid-19 yang diunggah dalam akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa tiga poster dialog edukasi Covid-19 dalam unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (@kemenkes_ri). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Analisis data menggunakan analisis mengalir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis wacana tekstual pada aspek gramatikal didominasi bentuk pengacuan sebanyak 51% dan pada aspek leksikal didominasi bentuk repetisi sebanyak 67%. Pengacuan karena mendominasi setiap tuturan atau kalimat tidak lepas dari keinginan yang mengikuti atau mengikutinya. Repetisi karena digunakan untuk mempertegas maksud yang ingin disampaikan oleh khususnya untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Covid-19.

Keywords

analisis wacana tekstual dan kontekstual, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.