PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA SMA

Rotua Meisara, Rustam Rustam, Rasdawita Rasdawita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam menulis teks negosiasi kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X-12 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan sikap yang menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan interaksi dalam kelompok. Hal tersebut dapat dilihat dari kepercayaan diri siswa dalam bertanya, berpendapat, dan berdiskusi dalam kelompok. Hasil belajar dengan model problem based learning menunjukkan bahwa siswa sudah mampu memproduksi teks negosiasi. Berdasarkan hasil tersebut, teks negosiasi yang dibuat sudah memenuhi kelengkapan struktur teks, ketepatan penulisan ejaan, keruntutan isi, dan ketepatan aspek bahasa.

Keywords

PBL; hasil belajar; teks negosiasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.