TINDAK TUTUR PADA BANNER IKLAN DI SITUS WEB BERBAHASA INDONESIA: ANALISIS DENGAN TEORI SEARLE

Hamam Supriyadi, Dyah Narang-Huth

Abstract

Beriklan adalah salah satu upaya untuk membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Salah satunya dilakukan melalui media website agar  produk atau jasa yang dijual dikenal konsumen secara lebih luas. Untuk itu, pengiklan berupaya memengaruhi konsumen dengan memanfaatkan berbagai jenis tindak tutur. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengeksplorasi jenis tindak tutur yang digunakan dalam banner iklan dalam situs web berbahasa Indonesia dengan mengacu teori tindak tutur Searle. Penelitian dilakukan dengan pendekatan analisis isi. Iklan yang menjadi sumber data  sebanyak 328 buah. Hasil penelitian menunjukkan iklan direpresentasikan dalam 5 jenis tindak tutur, yaitu representatif, direktif, komisif, deklaratif, dan  ekspresif.  Lebih dari 50% yang digunakan berupa  tindak tutur representatif dan hampir 30% berupa tindak tutur direktif. Tiga tindak tutur lain tidak ada 10%. Tindak tutur representatif dioptimalkan untuk mendeskripsikan keunggulan produk, sedangkan tindak tutur direktif  untuk menyampaikan persuasi atau ajakan menggunakan produk yang diiklankan. Selain itu, ditemukan bahwa penggunaan tuturan langsung lebih dominan dibandingkan dengan penggunaan  tuturan tidak langsung. Penelitian ini tidak menggali lebih mendalam alasan tidak dioptimalkannya tindak tutur komisif, deklaratif, dan ekspresif dalam iklan berebahasa Indonesia di situs web sehingga direkomendasikan diadakannya riset dengan fokus pada topik tersebut.

Keywords

tindak tutur; media internet; periklanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.